Mengapa ada Lambang Klan Uzumaki di Semua Rompi Tempur Ninja Konoha? Ini Asal-usulnya

Anime  
Rompi tempur ninja Konoha yang memiliki lambang klan Uzumaki.Foto: Devian Art
Rompi tempur ninja Konoha yang memiliki lambang klan Uzumaki.Foto: Devian Art

Klan Uzumaki dulunya adalah klan terkemuka di Uzushiogakure. Ciri khas dari klan Uzumaki dapat terlihat dari rambutnya yang memiliki warna merah terang, dan memiliki kekuatan kehidupan, cadangan chakra yang melimpah, serta teknik segel yang luar biasa kuat.

Terlepas dari runtuhnya Uzushiogakure dan penurunan populasi klan Uzumaki, klan ini tetap bertahan dengan beberapa anggota terbaiknya yang bergabung dengan Konohagakure. Klan ini juga diakui aktif setelah Perang Dunia Shinobi keempat.

Jarang yang mengetahui bahwa klan Uzumaki adalah keturunan dari seorang Otsutsuki, yaitu Asura Otsutsuki, serta memiliki hubungan darah yang jauh dengan klan Senju. Selama bertahun tahun, klan Uzumaki dan Senju terus menjaga kedekatannya dengan pernikahan antar klan, seperti antara Hashirama Senju yang merupakan Hokage pertama dengan Mito Uzumaki.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Asal-usul Lambang Rompi Ninja Konoha

Para Jounin terlihat memakai rompi dengan logo klan Uzumaki. Foto: Stack Exchange
Para Jounin terlihat memakai rompi dengan logo klan Uzumaki. Foto: Stack Exchange

Setelah didirikannya Konohagakure pada akhir era perang dunia ninja, petinggi klan Senju setuju untuk menggunakan simbol klan Uzumaki sebagai simbol persahabatan dengan memasang emblem atau lambang klan Uzumaki di bagian belakang rompi tempur ninja Konoha. Baik Konoha dan klan Uzumaki masih memiliki sekutu terbaik yang tersisa dari Uzushiogakure dalam beberapa dekade, dengan klan Uzumaki yang selalu siap menggunakan Fuinjutsu kapanpun diperlukan.

Tokoh dari Klan Uzumaki yang Sempat Muncul di Anime Naruto

Tokoh dari Klan Uzumaki. Uzumaki Naruto(atas), urutan dari sebelah kiri, Uzumaki Karin, Uzumaki Kushina, Uzumaki Nagato(Pain), Uzumaki Mito. Foto: Quora
Tokoh dari Klan Uzumaki. Uzumaki Naruto(atas), urutan dari sebelah kiri, Uzumaki Karin, Uzumaki Kushina, Uzumaki Nagato(Pain), Uzumaki Mito. Foto: Quora

Kehebatan klan Uzumaki dalam menggunakan Fuinjutsu membuat mereka dihormati sekaligus juga ditakuti di seluruh dunia. Tanpa disadari, ternyata ada beberapa tokoh dari klan Uzumaki yang sempat muncul di anime Naruto maupun Boruto.

Yang pertama tentunya sudah tidak asing lagi, yaitu Uzumaki Kushina yang nantinya akan melahirkan Naruto, bermigrasi ke Konoha setelah beberapa negara sepakat untuk bergabung dan menghancurkan Uzushiogakure yang pada saat itu dianggap terlalu superior dalam hal kekuatan militer.

Bukan hanya Kushina, beberapa orang dari klan Uzumaki yang selamat juga tersebar ke penjuru dunia. Nagato, yang dikenal juga sebagai Pain yang tergabung dalam organisasi Akatsuki juga merupakan keturunan dari klan Uzumaki yang dibesarkan di daerah pinggiran Amegakure.

Tokoh lainnya adalah Karin, tokoh yang digambarkan tergila-gila dengan Sasuke ini juga merupakan keturunan dari klan Uzumaki.

Setelah kematian orang tuanya, Naruto diberikan nama Uzumaki yang berasal dari ibunya oleh Hokage ketiga untuk melindunginya dari musuh ayahnya. Pada saat itu, klan tetap diakui sebagai bagian dari Konoha dan satu-satunya yang diketahui masih hidup adalah Naruto.

Kemampuan Klan Uzumaki

Gulungan perkamen kuno yang menuliskan teknik penyegelan klan Uzumaki. Foto: Naruto Profile Wiki
Gulungan perkamen kuno yang menuliskan teknik penyegelan klan Uzumaki. Foto: Naruto Profile Wiki

Klan Uzumaki secara natural memiliki kekuatan kehidupan yang kuat. Selain itu, mereka memiliki umur yang lebih panjang dan lebih awet muda. Pendahulu klan ini, yaitu Mito Uzumaki yang juga merupakan istri dari Hokage pertama, dilahirkan jauh sebelum Konoha dibentuk. Namun Mito memiliki umur yang panjang, mampu hidup hingga pemerintahan dipegang oleh Hokage ketiga yaitu Hiruzen Sarutobi.

Selain umurnya yang lebih panjang dari kebanyakan orang, kemampuan klan ini memungkinkan mereka untuk bertahan hidup dan menanggung cedera yang jauh lebih parah sementara juga dapat pulih dari cedera dan kelelahan dengan efisiensi yang jauh lebih besar dalam waktu singkat.

Uzumaki Mito. Salah seorang Jinchuriki Rubah Ekor Sembilan yang nantinya dipindahkan ke dalam tubuh Naruto. Foto: Hai Online
Uzumaki Mito. Salah seorang Jinchuriki Rubah Ekor Sembilan yang nantinya dipindahkan ke dalam tubuh Naruto. Foto: Hai Online

Kemampuan ini juga cukup kuat untuk membuat mereka bertahan hidup dari pemindahan Bijuu, meskipun setelahnya mereka terlihat kelelahan. Selain itu, mereka juga mampu menyembuhkan diri maupun orang lain dengan cepat melalui konsumsi chakra mereka.

Meskipun metode ini cukup berbahaya untuk digunakan secara terus menerus, salah satu katurunan klan Uzumaki, yaitu Karin, menampilkan kemampuan yang indrawi yang unik sebaik ia menekan keberadaan chakranya agar tidak terdeteksi.

Baca Juga:

> Mengapa Kage Bunshin No Jutsu Milik Naruto Dikategorikan Teknik terlarang? Ini Alasannya

> One Piece 1065: Enam Orang Vegapunk dan Kerajaan Kuno dengan Peradaban Canggih

> Wow! Theme Song Anime Chainsaw Man akan Digarap Musisi yang Terlibat di Tokyo Ghoul dan Death Note

> Spoiler One Piece Film RED. Siapa Uta yang Sebenarnya?

> One Piece Film RED. Lirik Lagu New Genesis Versi Jepang dan Bahasa Indonesia

> KISAH HARU! Tunaikan Wasiat, Ceritakan One Piece di Makam Sahabat

> Bukan One Piece! Ini Warisan Terbesar yang Ditinggalkan Raja Bajak Laut Gol D Roger!

> One Piece: Mengenal Conqueror Haki, Kemampuan Shanks yang Bikin Admiral Ryokugyu Ngacir

> One Piece: Admiral dengan Buah Iblis ini Disebut Memiliki Kekuatan Setara dengan Yonko

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Update Berita Teknologi Terkini

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image