Mengapa Kage Bunshin No Jutsu Milik Naruto Dikategorikan Teknik terlarang? Ini Alasannya

Anime  
Naruto yang mengeluarkan 1000 klon dengan Kage Bunshin No Jutsu. Foto: Naruto Fandom
Naruto yang mengeluarkan 1000 klon dengan Kage Bunshin No Jutsu. Foto: Naruto Fandom

Kage Bunshin No Jutsu, atau teknik klon yang biasa digunakan oleh Naruto mungkin sudah tidak asing lagi bagi para penggemar Anime. Sebagai anime dengan kategori battle shonen, Naruto tetap setia pada inti cerita dengan jutsu dan tekniknya yang unik. Namun, tidak semua jutsu dianggap sama, mengingat beberapa diantaranya dikategorikan sebagai jutsu terlarang, baik karena kekuatannya yang tidak terkendali, maupun resiko yang akan diderita penggunanya.

Salah satu teknik atau jutsu tersebut adalah Kage Bunshin No Jutsu, yang memungkinkan penggunanya menciptakan klon dari diri mereka seutuhnya. Uzumaki Naruto, yang merupakan tokoh utama dari anime Naruto, terlihat menggunakan teknik ini berulang kali sepanjang episode dan menjadi ciri khas atau gaya bertarungnya. Hal ini mungkin membeuat beberapa penggemar anime bertanya-tanya, mengapa teknik terlarang atau berbahaya ini dengan mudahnya bisa digunakan Naruto? atau kenapa teknik ini dikategorikan sebagai teknik terlarang?

Asal Usul Kage Bunshin No Jutsu dan Pertama Kali Jutsu ini Dilarang

Tobirama Senju. Hokage kedua yang menurunkan teknik Kage Bunshin ke beberapa generasi. Foto: CBR
Tobirama Senju. Hokage kedua yang menurunkan teknik Kage Bunshin ke beberapa generasi. Foto: CBR

Kage Bunshin No Jutsu adalah teknik yang diciptakan oleh klan Senju, yang tepatnya adalah Tobirama Senju, yang merupakan Hokage kedua dan juga orang yang menurunkan teknik ini ke beberapa generasi selanjutnya. Mengingat teknik ini memerlukan pengendalian chakra yang sempurna serta jumlah chakra yang besar, hanya seorang Senju lah yang mampu menggunakan teknik ini dalam waktu yang lama, mengingat mereka memiliki sistem charka yang berkembang yang hampir mustahil akan terkuras.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Tidak berselang lama hingga teknik tersebut dikategorikan sebagai teknik terlarang, dikarenakan resiko fatal yang akan dialami penggunanya. Seorang Jonin dengan kemampuan yang luar biasa pun juga tidak bisa menciptakan lebih dari 4 klon sekaligus, karena pembagian chakra akan membuat shinobi benar-benar tidak berdaya. Satu yang menjadi pengcualian adalah mereka yang berasal dari keturunan klan Uzumaki, karena cadangan chakra mereka yang besar dan kekuatan mereka yang mampu menangani beban pada tubuh mereka ketika chakra terbagi menjadi beberapa bagian.

Resiko Fatal Bagi Pengguna Kage Bunshin No Jutsu

Gerakan tangan untuk mengluarkan teknik Kage Bunshin. Foto: Pinterest
Gerakan tangan untuk mengluarkan teknik Kage Bunshin. Foto: Pinterest

Tentunya bukan tanpa alasan ketika muncul larangan teknik ini untuk dipergunakan. Apabila penggunaan teknik ini berlebihan, teknik ini bisa membuat penggunanya kehilangan nyawanya, mengingat chakra yang akan dibagi pada setiap klon adalah samarata dan penggunanya pun juga hanya memiliki bagian yang sama di dalam tubuhnya. Terlebih lagi, menjaga wujud klon tetap ada akan menguras chakra dalam jumlah besar dan akan mengaibatkan kematian bagi shinobi yang menggunakannya. Karena itulah pada akhirnya Hokage mengklasifikasikan teknik Kage Bunshin ke dalam kategori teknik terlarang dan bagi siapapun yang sudah mempelajarinya, bisa menggunakannya dengan kehati-hatian.

Beberapa contoh di dalam Anime juga mengungkapkan bahwa betapa merugikannya teknik ini bagi penggunanya. Kakashi yang merupakan guru dari Naruto mengungkapkan bahwa, menjaga 4 wujud klon dalam satu waktu adalah sesuatu yang tidak mungkin dilakukan bagi kebanyakan orang. Bukti ini juga terungkap ketika pertarungan antara Hokage ketiga melawan Orochimaru dalam serangan besar yang terjadi ke Desa Konoha, yang mana katika itu seorang Hokage hanya mampu memanggil 2 wujud klon dari dirinya.

Bagaimana Naruto Mampu Mengendalikan Kage Bunshin No Jutsu dengan Aman?

Klan Uzumaki dan Senju ketika pertama kali desa dibentuk. Foto: Naruto Fandom
Klan Uzumaki dan Senju ketika pertama kali desa dibentuk. Foto: Naruto Fandom

Terlepas dari bahaya dan resiko yang mengintai di balik kuatnya teknik ini, gaya bertarung Naruto sepenuhnya berkembang dengan Kage Bunshin No Jutsu. Yang membuat Naruto unik adalah ia memiliki dua arus chakra yang membuatnya mengontrol pembagian chakra dengan baik dengan 0% resiko negatif apapun yang akan terjadi pada tubuhnya. Yang pertama adalah, Naruto merupakan keturunan dari klan Uzumaki yang memiliki semangat hidup yang tinggi dan cadangan chakra yang besar yang sama dengan klan Senju dan juga nilai lebihnya adalah, leluhur dari klan Uzumaki sendiri adalah seorang Otsutsuki, yaitu Asura Otsutsuki. Yang kedua adalah Naruto diuntungkan dengan menjadi seorang Jinchuriki, chakra rubah ekor sembilan yang berada di dalam tubuh Naruto membuatnya bisa membuat klon secara tak terbatas.

Berita lainnya:

> One Piece 1065: Enam Orang Vegapunk dan Kerajaan Kuno dengan Peradaban Canggih

> Wow! Theme Song Anime Chainsaw Man akan Digarap Musisi yang Terlibat di Tokyo Ghoul dan Death Note

> Spoiler One Piece Film RED. Siapa Uta yang Sebenarnya?

> One Piece Film RED. Lirik Lagu New Genesis Versi Jepang dan Bahasa Indonesia

> KISAH HARU! Tunaikan Wasiat, Ceritakan One Piece di Makam Sahabat

> Bukan One Piece! Ini Warisan Terbesar yang Ditinggalkan Raja Bajak Laut Gol D Roger!

> One Piece: Mengenal Conqueror Haki, Kemampuan Shanks yang Bikin Admiral Ryokugyu Ngacir

> One Piece: Admiral dengan Buah Iblis ini Disebut Memiliki Kekuatan Setara dengan Yonko

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Update Berita Teknologi Terkini

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image