Banyak Cicak Berkeliaran? Usir Pakai Cara Ini

Tips  
Cicak Menempel di dinding. Cicak yang berkeliaran di dalam rumah bisa mengotori makanan. Foto: Comp Studio
Cicak Menempel di dinding. Cicak yang berkeliaran di dalam rumah bisa mengotori makanan. Foto: Comp Studio

Cicak merupakan hewan yang sering ditemui di dalam rumah. Banyak yang abai akan hewan ini, namun tahukah Kamu bahwa cicak bisa mengotori rumah hingga mengkontaminasi makanan.

Banyak cara tradisional untuk mengusir cicak, bisa dengan menutup ventilasi dengan kawat, atau lebih mudah lagi hanya dengan mengusirnya dengan sapu. Namun ada beberapa cara yang tidak memerlukan tenaga dan bisa dibilang sangat praktis.

Cara Mengusir Cicak

1. Menabur bubuk kopi

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Selain nikmat untuk diseduh, ternyata kopi juga memiliki manfaat untuk mengusir cicak. Cicak membenci aroma menyengat dari bubuk kopi. Namun, untuk meningkatkan aroma menyengat dari kopi, Kamu bisa menambahkan bubuk tembakau untuk selanjutnya diaduk rata dan ditaburkan ke beberapa area di dalam rumah.

2. Semprotan bawang putih

Bumbu yang satu ini sudah pasti ada di dapur. Baunya yang menyengat dari bawang putih juga bermanfaat untuk mengusir cicak. Dengan beberapa siung bawang putih yang dihancurkan dan dicampur dengan air, Kamu bisa membuat cairan anti cicak dengan cara menyemprotkannya ke tempat-tempat yang biasa dihinggapi cicak.

3. Semprotan Lada dan Cabai

Bukan hanya bawang putih, dua kombinasi bumbu dapur ini juga bisa dibuat semprotan anti cicak yang tidak kalah ampuhnya. Selain ditabur, lada dan cabai bisa dicampurkan dengan air dan disemprotkan ke beberapa tempat yang biasa dihinggapi cicak. Aroma tajam dari ladan dan cabai dipercaya akan membuat cicak tidak nyaman.

4. Memeliharan Kucing

Selain menggemaskan, kucing juga masih memiliki insting berburu kucing-kucing besar. Kucing peliharaan juga cenderung menyukai permainan berburu dengan mengejar hewan atau serangga kecil untuk menangkap dan bermain-main dengannya.

5. Cairan Pemutih

Cairan ini juga cukup ampuh apabila disemprotkan ke beberapa tempat yang biasa dihinggapi cicak. Aroma bahan kimia yang berasal dari cairan ini cukup dibenci oleh cicak.

Selain mempraktekkan tips di atas, penting untuk kita menjaga makanan yang ada di rumah, sekalipun tidak ada cicak yang terlihat berkeliaran. Tidak sedikit masalah kesehatan yang berasal dari makanan yang tidak higienis. Tetaplah berhati-hati saat menyimpan makanan di atas meja makan. Gunakan tudung saji atau tutup panci makanan sebelum meninggalkan meja makan.

Berita lainnya:

> Cara Alami Usir Tikus, Ular dan Hewan Liar dari Rumah

> Cara Mudah Grafting Anggur, Banyak Berhasilnya

> Pertanian Pada Abad Keemasan Islam,Pencetus Perkembangan Teknologi Selanjutnya

> Gampang-gampang Susah. Trik Memandikan Anak Kucing

> Mengenal RootStock Anggur, Mana yang Terbaik untuk Grafting ?

> Malas ke Klinik? Konsultasi Hewan Sakit Kini Bisa Lewat Aplikasi

> Budidaya Ikan dan Sayuran Skala Rumahan dengan Sistem Aquaponik

> Gak Perlu 'Copy-Paste'! Ini Cara Instan Translate Website Berbahasa Inggris ke Indonesia

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Update Berita Teknologi Terkini

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image