Asura, Leluhur Naruto yang Ternyata Berasal dari Klan Otsutsuki

Anime  
Asura Otsutsuki. Leluhur jauh dari Uzumaki Naruto. Foto: Zerochan
Asura Otsutsuki. Leluhur jauh dari Uzumaki Naruto. Foto: Zerochan

Para penggemar mulai diperkenalkan pada Otsutsuki pada akhir serial film Naruto. Klan Otsutsuki yang kerap dianggap Dewa ini dikisahkan sebagai klan yang pertama kali menggunakan chakra. Dikutip dari Naruto Fandom, dikatakan bahwa klan ini bukanlah berasal dari Bumi, melainkan dari dunia lain yang datang ke bumi lebih dari seribu tahun yang lalu. Mereka juga merupakan nenek moyang dari klan besar seperti Senju, Uzumaki, Uchiha, dan Hyuga.

Hagemoro Otsutsuki. Ayah dari Asura dan Indra yang merupakan seorang Petapa Agung. Foto: Tangkapan Layar
Hagemoro Otsutsuki. Ayah dari Asura dan Indra yang merupakan seorang Petapa Agung. Foto: Tangkapan Layar

Hagomoro Otsutsuki merupakan anak dari Putri Kaguya, atau dikenal sebagai Otsutsuki Kaguya yang menjadi lawan terakhir Naruto dan Sasuke. Hagomoro memiliki dua orang anak laki-laki yang bernama Indra dan Asura. Kelahiran Asura disebut membawa masalah, karena ketika lahirnya Asura, pada saat itu juga ajal sang ibu tiba. Besar tanpa sosok seorang ibu, Asura tumbuh menjadi anak yang damai dan menyenangkan.

Sebagian besar waktu Asura dihabiskan dengan sosok sang ayah Hagomoro Otsutsuki dan Kakaknya Indra Otsutsuki. Sang ayah, merupakan seorang Petapa Agung yang mengajarkan Ninshu, yang merupakan asal muasal ninjutsu di masa yang akan datang. Ketika sudah beranjak dewasa, Hagomoro mulai mengajarkan Nishu pada keduanya dengan harapan salah satunya akan menjadi penerus sang Petapa Agung.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Indra(kiri) dan Asura(kanan) pada masa kanak-kanak: Foto: Narutopedia
Indra(kiri) dan Asura(kanan) pada masa kanak-kanak: Foto: Narutopedia

Hidup dalam bayang-bayang sang kakak yang merupakan seorang yang jenius, Asura tidak emnunjukkan bakat alami sedikitpun. Namun ia lebih memahami nilai kebersamaan dan kekuatan orang-orang di sekitarnya. Seiring dengan waktu, Asura berhasil mencapai level yang tinggi hingga menjadi perhatian sang kakak yaitu Indra. Lain dengan Asura, Indra tumbuh menjadi pribadi yang menyendiri dan misterius.

Seiring dengan berjalannya waktu, sang ayah memutuskan keduanya menjalankan misi terpisah untuk menentukan siapa yang berhak menjadi penrus Ninshu. Setelah berbulan bulan, Asura kembali ke rumah lebih lambat beberapa bulan dari sang kakak yang sudah menyelesaikan misinya lebih dulu. Namun di saat Hagomoro Ostutsuki akan meninggal, ia lebih memilih Asura sebagai penerus Ninshu karena mimpinya yang besar akan perdamaian dan rasa saling mengerti satu sama lain.

Asura yang tidak setuju dengan keputusan sang ayah kerap menyebutkan bahwa sang kakak lah yang berhak menjadi penerus Ninshu. Namun, nasib berkata lain, sang ayah menganggap sang kakak tak layak karena metode yang digunakan dalam menyelesaikan misinya telah menyebabkan kehancuran desa akibat sifatnya yang egois.

Hal inilah yang me jadi akar kebencian Indra kepada sang adik Asura. Perasaan dendam membuatnya dimanipulasi oleh Zetsu Hitam dan akhirnya menyerang desa dan bertarung dengan Asura untuk membuktikan bahwa ia lebih layak menjadi penerus Ninshu. Pertarungan pun berlangsung dan Asura yang sudah mematangkan ilmunya berhasil mengalahkan Indra. Indra yang kelah memilih untuk kabur dan bersumpah akan menghancurkan hasil kerja keras ayahnya selama ini.

Kebencian berlangsung turun temurun, Asura menjadi leluhur sebuah klan besar bernama Senju sedangkan Indra menjadi leluhur klan Uchiha yang meneruskan kebencian berabad-abad antara keduanya. Klan Senju yang berasal dari Asura terkenal dengan keterampilannya ninjutsu, taujutsu dan genjutsunya yang luar biasa. Anggota paling terkenal dari klan ini adalah Hashirama Senju yang kelak akan menjadi Hokage Pertama di Konohagakure.

Hubungan Senju dan Uzumaki

Klan Uzumaki(kiri) dan Senju(kanan), sebelum pembentukan negeri Konoha. Foto: Narutopedia
Klan Uzumaki(kiri) dan Senju(kanan), sebelum pembentukan negeri Konoha. Foto: Narutopedia

Senju dan Uzumaki memiliki hubungan darah yang jauh namun tetap mempertahankan kedekatan diantara keduanya. Hubungan ini juga ditandai dengan emblem atau lambang klan Uzumaki yang kelak akan terpasang di setiap rompi tempur ninja Konoha.

Hashirama Senju(kiri) dan istrinya Uzumaki Mito(kanan). Foto: Kunoichi
Hashirama Senju(kiri) dan istrinya Uzumaki Mito(kanan). Foto: Kunoichi

Kedekatan ini juga dipersatukan dengan pernikahan antar klan yang menyatukan antara Hashirama Senju dengan Uzumaki Mito. Dari jalur keturunan ini, diketahui bahwa Asura adalah leluhur jauh Naruto yang merupakan klan Otsutsuki. Di serial anime lanjutan dari Naruto, dikisahkan anak dari Naruto, yaitu Boruto yang dirasuki seorang Momoshiki Otsutsuki.

Baca Juga:

> Mengapa ada Lambang Klan Uzumaki di Semua Rompi Tempur Ninja Konoha? Ini Asal-usulnya

> Mengapa Kage Bunshin No Jutsu Milik Naruto Dikategorikan Teknik terlarang? Ini Alasannya

> Wow! Theme Song Anime Chainsaw Man akan Digarap Musisi yang Terlibat di Tokyo Ghoul dan Death Note

> Spoiler One Piece Film RED. Siapa Uta yang Sebenarnya?

> One Piece Film RED. Lirik Lagu New Genesis Versi Jepang dan Bahasa Indonesia

> KISAH HARU! Tunaikan Wasiat, Ceritakan One Piece di Makam Sahabat

> Bukan One Piece! Ini Warisan Terbesar yang Ditinggalkan Raja Bajak Laut Gol D Roger!

> One Piece: Mengenal Conqueror Haki, Kemampuan Shanks yang Bikin Admiral Ryokugyu Ngacir

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Update Berita Teknologi Terkini

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image