Dibekali RAM Hanya 4 Kilobytes, Ini Komputer yang Dijual 45 Tahun Lalu

Teknologi  
Unit PC TRS-80 yang muncul di katalog pada tahun 1977. Foto: Radio Shack
Unit PC TRS-80 yang muncul di katalog pada tahun 1977. Foto: Radio Shack

45 tahun yang lalu, Radio Shack merilis TRS-80 Micro Computer System. Personal Computer(PC) yang dikeluarkan pada tahun 1977 ini memulai era PC budget rendah bersamaan dengan Apple dan Commodore.

TRS-80 Micro Comouter System drisil pada 3 Agustus 1977 dengan harga $599.95 (sekitara $2904 pada kurs saat ini). Paket penjualan PC ini lengkap dengan keyboard, perekam kaset, dan monitor monochrome. Pada masanya, TRS-80 merupakan produk yang banyak dilirik, mengingat pesaingnya Apple II, dijual dengan harga $1298 (tidak termasuk monitor dan tempat penyimpanan).

Sesuai dengan harganya, TRS-80 ini merupakan mesin yang cukup primitif. TRS-80 menggunakan CPU Z-80 1.77 MHz dan dilengkapi dengan RAM 4 kilobytes. Tampilan layarnya hanya menampilkan 64 kolom dan 16 baris dari teks monochrome (semuanya dalam huruf besar) tanpa dukukangan bitmapped graphics. PC ini juga tidak menyertakan perangkat keras suara. Namun banyak program menggunakan trik untuk mengeluarkan suara sederhana melalui port kaset.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Seorang pria sedang menggunakan unit TRS-80. Foto: Radio Shack
Seorang pria sedang menggunakan unit TRS-80. Foto: Radio Shack

Terlepas dari keterbatasannya, model pertama dari TRS-80 membawa banyak fitur yang cukup menyenangkan banyak orang yang ingin memiliki sistem komputer siap pakai yang dapat digunakan di rumah.

Berkat jaringan luas Radio Shack yang memiliki 5000 toko di seluruh Amerika Serikat, di bulan pertama, model pertama dari PC ini terjual 10,000 unit dan bertambah hinggak 100,000 unit pada tahun 1978.

Seperti apa rasanya menggunakan TRS-80?

Iklan TRS-80 pada tahun 1978. Foto: Radio Shack
Iklan TRS-80 pada tahun 1978. Foto: Radio Shack

Ketika membeli unit TRS-80 Mirco Computer System, Kamu sudah memiliki semua yang Kamu butuhnkan untuk menulis dan menyipan program. Model oertama ini menyertakan bahasa pemrograman BASIC di ROM dan panduan pengguna yang sangat mudah dimengerti. Dengan sebuah cassete drive, Kamu bisa membuka atau menyimpan data ke kaset audio biasa. Apabila Kamu membeli Expansion Interface dan floppy disk drive, Kamu bisa menyimpan dan membuka data lebih cepat. Namun untuk Expansion Interface ini akan dikenakan biaya tambahan.

Apabila Kamu tertarik untuk aplikasi tambahan dan games, Kamu juga bisa membelinya dalam bentuk kaset ataupun floppy disk. Aplikasi pengolah kata seperti Scipsit dan Electric Pencil, aplikasi spreadsheet seperti VisiCalc, serta games seperti Star Trek dan Android Nim cukup populer di kalangan pengguna TRS-80. Pada 1979, Leo Christopherson membuat sebuah demo animasi "The Dancing Demon" yang secara cepat menjadi kebanggan pemilik unit TRS-80 setelah Radio Shack merilisnya.

Sumber

Berita lainnya:

> Model AI Buatan Meta Ini Bisa Translate Lebih dari 200 Bahasa

> Sudah Cek Belum? Ini Cara Mengetahui TV di Rumah Sudah Mendukung Siaran Digital atau Belum

> Cara Memperbaiki Error "Camera Failed" di Google Meet

> Mikrofon Mati Saat Google Meet? Begini Cara Memperbaikinya

> Whatsapp update: Bisa Bikin Voice Notes Jadi Status Whatsapp

> Cara Memperbaiki "Lag" di Minecraft Pocket Edition

> 10 Kebiasaan Buruk Ini Bikin Baterai HP Kamu Cepet Ngedrop

> Mengapa WhatsApp tidak Bisa Mengirim Gambar dan Video?

> Aplikasi Translate Online Canggih Alternatif Google Translate

> Cara Mudah Menyimpan Video Youtube Jadi MP3

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image