Masih Download WhatsApp GB Terbaru 2022? Ini Bahaya yang Mengintai

Teknologi  
WhatsApp by pixabay
WhatsApp by pixabay

Pengguna WhatsApp di Indonesia masih banyak yang penasaran dengan WhatsApp GB. Kata kunci download WhatsApp GB terbaru 2022 selalu ramai dicari di Google. Meski bahaya mengintai,animo pengguna WhatsApp GB tidak surut juga. Padahal resiko keamanan yang dihadapi pengguna WhatsApp GB ini cukup besar.

Selain terancam kena blokir sementara bahkan bisa blokir permanen dari WhatsApp resmi, pengguna juga dihadapkan pada celah keamanan yang rentan untuk disusupi malware dan virus. Terlebih lagi WhatsApp GB ini tidak jelas apakah sudah dienkripsi end-to-end apa tidak. Jika tidak, maka memungkinkan percakapan pengguna bisa dilihat oleh peretas. Hal ini akan menyebabkan kerusakan data dan mengancam privasi pengguna.

WhatsApp sendiri sudah memberikan peringatan di FAQ bahwa WhatsApp GB dan layanan sejenis seperti WhatsApp Plus adalah aplikasi pihak ketiga yang melanggar ketentuan layanan mereka karena WhatsApp tidak dapat memvalidasi praktik keamanan aplikasi tersebut.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kelebihan WhatsApp GB

Dibalik resiko yang mengancam penggunanya, memang WhatsApp GB ini menarik banyak pengguna karena kelebihan fitur-fiturnya yang tidak dimiliki oleh WhatsApp resmi. Kelebihan dari aplikasi ini adalah :

- Mengirim pesan secara broadcast ke grup

- Terdapat fitur efek gambar dan video saat dikirimkan

- Mampu mengirimkan 100 dokumen dalam sekali kirim

- Membuat panggilan pada nomor yang tidak ada dalam kontak

- Dapat melakukan penjadwalan pesan

- Memiliki pilihan untuk menyembunyikan obrolan

- Dapat mengirimkan video hingga 50 MB

- Dapat memanfaatkan status orang lain ke papan clipboard

- Dapat digunakan untuk membuat beberapa akun dalam satu perangkat

- Nama group bisa sampai 35 karakter

- Perbaikan berbagai bug saat kirim video

- Bisa menyembunyikan "last seen", tanda pesan yang diterima, tanda pesan yang dibaca dan tanda mengetik saat Anda mengetik pesan

- Bisa mengirim 90 gambar dalam sekali klik

- Kemampuan teks yang diseleksi

- Aplikasi dan chat dapat dikunci dengan menggunakan kata sandi tanpa perlu bantuan pihak ketiga

Baca Juga :

-WhatsApp GB Terbaru Anti Banned
-Perhatikan Hal Ini Sebelum Menggunakan WhatsApp GB
-Bahaya Mengintai WhatsApp GB

Cara Download WhatsApp GB Terbaru 2022

Aplikasi WhatsApp GB tidak didukung oleh Google Play Store sehingga untuk menginstalnya Anda harus mendownload file APK. Kemudian melakukan instalasi sendiri dengan mengubah konfigurasi instalasi di Android untuk aplikasi yang tidak aman.

Bahaya yang Mengintai dari Penggunaan WhatsApp GB

Dibalik kelebihan yang dimiliki oleh WhatsApp GB, ada bahanya yang mengintai penggunanya. Berikut ini bahaya GB WhatsApp ( WA GB) :

1. Aplikasi WhatsApp GB tidak tersedia di Google PlayStore

Anda mesti mendownloadnya melalui file APK yang bersumber dari website yang tidak resmi mewakili pembuat Aplikasi tersebut. Sehingga tidak ada jaminan file APK yang Anda download aman dari virus dan malware. Saat aplikasi WhatsApp GB sudah terinstall akan selalu ada peringatan oleh Google PlayStore, bahkan langsung dinonaktifkan jika Anda menghidupkan fitur Google Protect.

2. Percakapan Anda tidak dijamin Aman

WhatsApp GB tidak dienkripsi secara end-to-end karena server yang dipakai tidak resmi. Hacker bisa berada di tengah-tengah percakapan tersebut dengan menguping,mencegat komunikasi serta mencuri informasi.

3. Ada Resiko kemungkinan hacker bisa mengakses SMS, dan melakukan scam di akun bank Anda karena mereka bisa menerima OTP sebelum Anda menyadarinya

4. WhatsApp GB bisa saja mencuri informasi pribadi Anda, apalagi jika mengijinkan semuanya di permission seperti galeri, kontak, lokasi dan lain-lain. Data Privasi Anda sangat riskan disalah gunakan

5. WhatsApp GB tidak otomatis diperbaharui

Tergantung dari mana Anda mendapatkan file APKnya. Jika Anda mendapatkan file APK yang tidak jelas sumbernya, biasanya akan kesulitan untuk melakukan update aplikasinya. Bahkan Anda akan selalu diputar-putar ke halaman yang tidak jelas untuk sekedar mendownload filenya saja.

Kesimpulan, jika Anda sangat peduli terhadap privasi segera uninstall WhatsApp GB tapi jika Anda masih bereksperimen dengan fitur dan fungsionalitasnya, disarankan untuk menggunakan nomor ponsel yang lain. Tetap hati-hati dan waspada.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image