Bahaya Mengintai Pengguna WhatsApp GB

Teknologi  
Download WhatsApp GB -- photo by pixabay
Download WhatsApp GB -- photo by pixabay

Mesti bahaya mengintai,animo pengguna WhatsApp GB tidak surut juga. Terbukti di pencarian Google kata kunci "Download WhatsApp GB", "Download WA GB", "Download WhatsApp GB terbaru 2022", "GB WhatsApp anti banned" selalu tinggi. Padahal resiko keamanan yang dihadapi pengguna WhatsApp GB ini cukup besar.

Selain terancam kena blokir sementara bahkan bisa permanen dari WhatsApp resmi, pengguna juga dihadapkan pada celah keamanan yang rentan untuk disusupi malware dan virus. Terlebih lagi WhatsApp GB ini tidak jelas apakah sudah dienkripsi end-to-end apa tidak. Jika tidak, maka memungkinkan percakapan pengguna bisa dilihat oleh peretas. Hal ini akan menyebabkan kerusakan data dan mengancam privasi pengguna.

WhatsApp sendiri sudah memberikan peringatan di FAQ bahwa WhatsApp GB dan layanan sejenis seperti WhatsApp Plus adalah aplikasi pihak ketiga yang melanggar ketentuan layanan mereka karena WhatsApp tidak dapat memvalidasi praktik keamanan aplikasi tersebut.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Berikut ini bahaya GB WhatsApp ( WA GB) yang mengancam :

1. Aplikasi WhatsApp GB tidak tersedia di Google PlayStore

Anda mesti mendownloadnya melalui file APK yang bersumber dari website yang tidak resmi mewakili pembuat Aplikasi tersebut. Sehingga tidak ada jaminan file APK yang Anda download aman dari virus dan malware. Saat aplikasi WhatsApp GB sudah terinstall akan selalu ada peringatan oleh Google PlayStore, bahkan langsung dinonaktifkan jika Anda menghidupkan fitur Google Protect.

2. Percakapan Anda tidak dijamin Aman

WhatsApp GB tidak dienkripsi secara end-to-end karena server yang dipakai tidak resmi. Hacker bisa berada di tengah-tengah percakapan tersebut dengan menguping,mencegat komunikasi serta mencuri informasi.

3. Ada Resiko kemungkinan hacker bisa mengakses SMS, dan melakukan scam di akun bank Anda karena mereka bisa menerima OTP sebelum Anda menyadarinya

4. WhatsApp GB bisa saja mencuri informasi pribadi Anda, apalagi jika mengijinkan semuanya di permission seperti galeri, kontak, lokasi dan lain-lain. Data Privasi Anda sangat riskan disalah gunakan

Kesimpulan, jika Anda sangat konsen terhadap privasi segera uninstall WhatsApp GB tapi jika Anda masih suka bermain-main dengan fitur dan fungsionalitas dengan mengabaikan privasi silakan tapi resiko ditanggung penumpang ya.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image