Cara Melindungi Akun WhatsApp dari Peretasan

Teknologi  
WhatsApp -- pixabay
WhatsApp -- pixabay

Pengguna WhatsApp mesti waspada karena baru-baru ini muncul cara baru untuk mencuri akun WhatsApp yang ternyata sangat sederhana dan terbukti sangat efektif. Banyak pengguna WhatsApp yang akunnya diretas dengan menggunakan informasi login ilegal di akun WhatsApp.

Peretasan akun WhatsApp tentu sangat berbahaya apalagi kalau banyak informasi yang kita simpan di akun WhatsApp seperti nomor telepon, data pribadi, informasi detil rekening bank, dokumen penting dan masih banyak file-file penting lainnya yang kita simpan di sana.

Bagaimana Cara Melindungi Akun WhatsApp dari Peretasan?

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

1. Aktifkan verifikasi 2 langkah di pengaturan aplikasi

2. Selalu gunakan WhatsApp versi terbaru, jika ada info update aplikasi segera lakukan

3. Layar kunci selalu dalam keadaan terkunci

4. Aktifkan kunci pada aplikasi WhatsApp dan juga kunci percakapan

5. Sembunyikan informasi pribadi kamu dari orang lain

Verifikasi 2 langkah adalah fitur hebat yang akan membantu kamu mengamankan akun WhatsApp dari peretasan atau pencurian. Setelah kamu mengaktifkan fitur ini, kamu akan diberikan opsi untuk memasukkan nomor telepon untuk indentifikasi pribadi dan alamat email. Dengan cara tersebut memungkinkan WhatsApp mengirimlan link reset melalui email jika kamu lupa kode pin.

Bagaimana Cara Mengaktifkan Fitur Verifikasi 2 Langkah di WhatsApp

1. Buka aplikasi WhatsApp

2. Masuk ke pengaturan

3. Buka opsi Akun, klik verifikasi 2 langkah, klik pada kata aktifkan

4. Setelah itu masukkan kode PIN, kode rahasia apa pun yang kamu inginkan terdiri dari 6 angka, lalu konfirmasikan

5. Setelah mengkonfirmasi PIN, tambahkan alamat email untuk mengatur ulang proses verifikasi 2 langkah dan mengambil PIN jika kamu lupa

Selain mengaktifkan verifikasi 2 langkah, berikut ini adalah beberapa cara untuk lebih meningkatkan keamanan akun WhatsApp kamu.

Baca Juga : Download GB WhatsApp Pro V1.85, No Ads Anti Banned

Mengunci Telepon dan Aplikasi Percakapan WhatsApp

Jangan lupa juga untuk mengunci telepon dan aplikasi percakapan WhatsApp untuk lebih meningkatkan keamanan.

Kamu bisa mengaktifkan fitur pengenalan wajah atau mengunci perangkat dengan sidik jari dan juga membuat kunci pada aplikasi dan obrolan WhatsApp. Dengan cara-cara seperti ini akan meningkatkan keamanan dari para penyusup.

Sesuaikan Pengaturan Privasi di WhatsApp

Pastikan untuk menyesuaikan beberapa pengaturan opsi privasi, seperti siapa yang dapat melihat informasi pribadi kamu dan siapa yang dapat menambahkan kamu ke grup kapan saja. Hal ini sangat penting karena ketika seseorang menambahkan akun kamu ke grup, semua anggota grup dapat melihat nomor dan nama WhatsApp kamu sehingga data kamu dapat diketahui oleh orang yang berniat jahat dan menyalahgunakannya.

Hindari Mengirim Ulang Kode Keamanan WhatsApp 6 Digit kepada Orang Lain

Celah yang sering dilakukan peretas adalah dengan meminta mengirimkan ulang kode keamanan (PIN) 6 digit. Peretas mengaku seseorang dari WhatsApp dan meminta nomor PIN tersebut untuk konfirmasi. Terkadang disaat kamu sedang sibuk dan lengah gak sadar mengirimkan ulang PIN tersebut melalui SMS ke nomor yang meminta padahal mereka itu adalah peretas. Apa jadinya jika nomor PIN sudah di tangan peretas? Tentu orang tersebut akan memiliki kendali penuh atas akun kamu.

Jadi, jika kamu menerima SMS dengan 6 digit keamanan WhatsApp dan ada seseorang meminta untuk mengirimkan kembali PIN tersebut kepadanya, hiraukan saja. Sangat mungkin akun WhatsApp kamu akan dicuri jika mengirimkannya. Berhati-hatilah sobat karena peretas pandai memainkan psikologis penggunanya disaat lengah.

Selalu Update Aplikasi WhatsApp dengan versi Terbaru

Mengapa selalu update aplikasi dengan versi terbaru, karena setiap update akan melakukan perbaikan terhadap kesalahan, lubang keamanan dan semua masalah telah diperbaiki, fitur ditambahkan dan peningkatan lainnya terkait kinerja dan keamanan aplikasi WhatsApp.

Oleh karena itu selalu download dan update aplikasi WhatsApp kamu dengan versi terbaru supaya tidak menghadapi masalah di kemudian hari.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image