Minecraft java Edition Vs Bedrock Edition, Bagus Mana?

Games  
Minecraft Java Edition VS Bedrock Edition. Foto: Youtube/DOFLANICO
Minecraft Java Edition VS Bedrock Edition. Foto: Youtube/DOFLANICO

Game keluaran developer Mojang ini memang banyak digemari banyak pemain game, mulai dari konsep, gameplay, hingga aspek multiplayernya yg menarik.

Sebelum memainkan game ini, perlu diketahui bahwa ada dua versi Minecraft. Versi tersebut adalah Java edition dan Bedrock Edition. Terlihat sama namun terdapat perbedaan yang mencolok diantara keduanya yang akan membuat pemain memilih diantara keduanya.

Baik Java maupun Bedrock Edition, kedua versi ini masih terus diperbaharui. Sebelum memutuskan akan memilih yang mana, mari kita lihat kelebihan dari masing-masing versi.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Minecraft Java Edition

MInecraft Java Edition. Halaman muka game Minecraft Java Edition. Foto: Minecraft Wiki
MInecraft Java Edition. Halaman muka game Minecraft Java Edition. Foto: Minecraft Wiki

Adalah versi pertama Minecraft yang dibuat oleh Mojang. Di dalam versi inilah semua keseruan Minecraft dimulai. Minecraft Java Edition adalah sebuah open source yang membuka kesempatan bagi Modding Community. Versi ini bisa dengan sangat mudah diterapkan mod dan memiliki banyak mod seperti hypixel, pixelmon, skyblock, dan lainnya. Networking dan hosting server juga dibuat sangat simpel dan mudah dilakukan. Setiap update versi dan snapshot terbaru akan dirilis pertama kali di Minecraft Java Edition. Jadi, apabila Kamu ingin menjadi yang pertama kali menjajal update terbaru dari Minecraft, Kamu bisa memilih versi Java Edition.

Dengan segala kelebihannya, untuk menjalankan Minecraft Java Edition, Kamu harus memiliki PC dengan spek yang bagus. Mengingat versi ini hanya tersedia untuk PC, apabila Kamu memiliki PC dengan spek Low-end, maka kemungkinan Kamu akan menemui beberapa masalah. Terlepas dari itu, Minecraft Java Edition sangat baik untuk modding, jadi apabila Kamu menyukai banyak mods, maka versi ini sangat cocok untukmu.

Minecraft Bedrock Edition

MInecraft Bedrock Edition. Foto: mcpehaxs
MInecraft Bedrock Edition. Foto: mcpehaxs

Minecraft Bedrock Edition pada awalnya bernama Minecraft Pocket Edition yang merupakan versi mobile dari game Minecraft dan versi ini dibuat setelah kepopuleran Java Edition. Setelahnya, versi ini dibeli oleh Microsoft dan perkembangannya dipercepat hingga setara dengan Java Edition. Apabila Kamu ingin mendapatkan pengalaman sosial yang bagus, maka Bedrock Edition adalah pilihan terbaik, mengingat ini tersedia di semua platform. Meskipun terlihat sama, namun ada perbedaan yang mencolok diantara keduanya dalam hal gameplay dan support. Versi ini sangat mudah untuk dimainkan dengan teman, keluarga dan bahkan orang yang tidak kamu kenal karena memiliki dukungan crossplay dan cross-platform.

Tidak seperti Java Edition, Bedrock edition sangat susah untuk diterapkan mod, dan bahkan hampir tidak mungkin. Banyak top Minecraft Server seperti Hypixel dan Skyblokc tidak mendukung di Bedrock Edition. Jadi, pemain dari versi ini tidak akan bisa bergabung. Networking dan Server Hosting juga sangat sulit dan memiliki langkah-langkah yang kompleks. Meskipun Marketplace sudah membantu versi ini untuk mendapatkan beberapa kustomisasi, tetap saja versi ini tidak mendekati Java Edition. Terlepas dari itu, versi ini dapat dengan mudah mengatur private server untuk teman dan keluarga tanpa mengizinkan pemain yang tidak dikenal untuk bergabung. Versi ini juga tidak mendungkung third party software, jadi sangat tidak mungkin untuk bermain di dalam server multiplayer dengan ribuan pemain.

Kesimpulan: Minecraft Java Edition Vs Bedrock Edition

Kedua versi ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Apabila Kamu menyukai modding dan main di server multiplayer, maka Java Edition adalah pilihan terbaik. Apabila Kamu ingin bermain Minecraft namun Kamu tidak memiliki perangkat yang mumpuni, maka Bedrock Edition adalah pilihan yang bagus. Tetapi apabila Kamu berubah fikiran, ada kabar baik yang datang di bulan Juni 2022. Setiap pembelian salah satu game Minecraft baik Java Edition maupun Bedrock, Kamu akan mendapatkan kedua versi tersebut. Jadi, Kamu bisa mencoba sendiri untuk menentukan mana yang terbaik.

Berita lainnya:

> Langsung Praktek! Ini Cara Mendapatkan Emeralds di Minecraft yang Bikin Auto Kaya

> Wajib Coba! Ini 7 Minecraft Mods dengan Gameplay Baru yang Unik

> 6 DLC Minecraft Dungeons yang Wajib Kamu Coba

> Cara Download Snapshot 22w24a di Minecraft Java Edition

> Minecraft Spongebob DLC: Jelajahi Bikini Bottom dengan Skin Tokoh Film Spongebob

> Anak Kecanduan Game Minecraft? Begini Cara Mengatasinya

> Cara Redeem Kode Promo Roblox High School 2 Juli 2022

> Siap-siap Jadi Suhu! Ini 5 Senjata Terkuat di Minecraft 1.19 Update

> Update Terbaru Minecraft 1.19.10 Bedrock Edition dan Cara Mendownloadnya

> Stumble Guys, Game Multiplayer Royale yang Viral di Tiktok, Download disini

> Minecraft The Wild Update: Special Item untuk Melawan The Warden

> Hal Menakutkan dan Seru di Minecraft 1.19 The Wild Update

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image