Doa Menjelang Berbuka Puasa yang Dianjurkan untuk Dibaca Umat Muslim

Gaya Hidup  
Foto: republika/ yogi ardhi
Foto: republika/ yogi ardhi

Menurut Ustadz Adi Hidayat, ada rahasia yang sangat istimewa pada saat umat Muslim akan berbuka puasa, karena orang yang berpuasa termasuk dalam tiga orang yang tidak tertolak doanya.

Seperti diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, "Tiga orang yang doanya tidak tertolak: pemimpin yang adil, orang yang berpuasa sampai ia berbuka, dan doa orang yang terzalimi, Allah akan mengangkatnya di bawah naungan awan pada hari kiamat, pintu-pintu langit akan dibukakan untuknya seraya berfirman: Demi keagungan-Ku, sungguh Aku akan menolongmu meski setelah beberapa saat." (Hadis Hasan diriwayatkan oleh Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad)

Golongan orang yang berpuasa demi mendapatkan ridho, meninggalkan makan, minum, syahwat maka orang ini masuk dalam golongan orang yang berpuasa dengan benar sesuai ketentuan, doanya tak akan tertolak seperti dalam hadist di atas.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dalam hadis lain yang diriwayatkan Imam Bukhari disebutkan: Allah berfirman dalam hadits qudsi: "Orang yang berpuasa itu meninggalkan makan, minum dan syahwatnya karena taat pada perintahKu Allah. Puasa adalah untukku (Allah) dan Aku akan memberikan balasannya, sedang sesuatu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipat gandanya."

Waktu pada saat akan berbuka, puncak doa akan cepat dikabulkan tidak akan tertolak. Mintakan hajat, keinginan yang belum terkabulkan, mintakan pada Allah pada saat menjelang berbuka puasa tersebut.

Bagi setiap orang berpuasa ada dua kebahagian, yaitu kebahagiaan pertama pada saat berbuka, kebahagian kedua di hari kiamat nanti saat menerima balasan akan puasa yang kita kerjakan saat ini.

Puncak kebahagiaan adalah saat doa cepat dikabulkan oleh Allah. Keinginan-keinginan kita sulit tertolak dengan syarat dan ketentuan berpuasa sesuai dengan aturan, jauhi yang membatalkan puasa, isi dengan amal ibadah. Dengan cara-cara seperti ini akan cepat menembus doanya ke pintu langit.

Sebelum memanjatkan doa yang menjadi hajat kita sebelum jelang berbuka puasa, dianjurkan untuk membaca doa ini. Seperti yang terdapat dalam kitab Al-Adzkar dan juga kitab lainnya. Al-habib ali za zainal abidin al-hamid menerangkan dalam doa tersebut terdapat empat keutamaan, yaitu : Kalimat Syahadat, Istighfar, Berdoa Memohon Surga dan Berlindung kepada Allah dari api neraka.

Berikut ini adalah Doa Jelang Berbuka Puasa

أَشْهَدُ أَنْ لَّا إِلَهَ إِلاَّ اللّه، أَسْتَغْفِر ُ اللّه، أَسْأَلُك رِضَاك وَالْجَنَّةَ وَأَعُوذُ بِك مِنْ سَخَطِك وَالنَّارِ

Asyhadu Alla Ilaha Illallaah, Astaghfirullaah, As'aluka Ridhoka Wal Jannah, Wa A'udzubika Min Sakhatika Wannaar (3×).

اَلَّلهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى

Allahumma innaka 'afuwwun kariimun tuhibbul 'afwa fa'fu anni (3×).

Artinya: Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah dan aku memohon ampunan Allah. Ya Tuhanku, aku memohon ridha dan surga-Mu, aku juga berlindung kepada(rahmat)-Mu dari murka dan siksa nerakamu.

Ya Allah Sesungguhnya engkau maha pengampun dan maha pemurah yang mencintai orang yang meminta ampun, maka ampunilah kami.

Setelah membaca doa ini, lanjutkan dengan doa-doa lainnya yang menjadi hajat dan permintaan kamu, Insyaallah Allah akan segera kabulkan semua hajat kamu.

Selanjutnya pada saat terdengar suara adzan Maghrib membaca doa seperti diriwayatkan Abu Daud

ذَهَبَ الظَّمَأُ ، وابْتَلَتِ العُرُوقُ، وَثَبَتَ الْأَجْرُ إِن شَاءَ اللَّهُ

Dzahabadh dhoma-u wabtalatil uruqu wa tsabatal ajru insyaa-allah

Artinya: Telah hilang dahaga, urat-urat telah basah, dan telah diraih pahala, insyaaAllah."

Sementara doa yang umum dibaca umat Muslim adalah doa berikut ini

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Artinya: "Ya Allah, untukMu aku berpuasa, dan kepadaMu aku beriman, dan dengan rezekiMu aku berbuka. Dengan rahmatMu wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang."

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Permaculture Rooftop Garden

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image