Menu Takjil Terpopuler,Ini yang Paling Banyak Diburu

Gaya Hidup  
Kolak Pisang / Dok Aloft South Jakarta
Kolak Pisang / Dok Aloft South Jakarta

Takjil adalah mempercepat berbuka puasa ( menurut kamus KBBI).Istilah umumnya adalah kudapan yang dimakan sesaat setelah berbuka puasa, biasanya berupa makanan manis.

Di dalam Hadits, Nabi Muhammad SAW sendiri disebutkan sering memakan kurma dan minum air putih saat berbuka puasa. Kurma dan air putih dianggap sebagai makanan dan minuman yang paling pas untuk memulihkan energi setelah berpuasa seharian.Jumlah kurma yang disarankan buat berbuka adalah ganjil seperti 1,3,5,7 dan seterusnya.

Seiring berjalannya waktu, takjil berubah sesuai dengan asal dan kondisi daerah masing-masing dengan tambahan bahan-bahan lain seperti buah-buahan, bubur, kue-kue, dan minuman dingin. Di Indonesia, takjil yang paling populer adalah kolak, es buah, bubur kacang hijau, dan minuman seperti es cincau, es timun suri dan es kelapa muda.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Tradisi takjil sudah menjadi bagian dari budaya Ramadhan di seluruh dunia. Banyak masjid,lembaga sosial, kelompok masyarakat, bahkan individu mengadakan acara pembagian takjil secara gratis untuk umat muslim yang berpuasa, sebagai bentuk kebaikan dan solidaritas sosial. Apalagi ada hadist yang mengatakan

"Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga." (HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5: 192. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Sehingga umat Islam saling berlomba untuk berbuat kebajikan salah satunya adalah dengan memberikan makan buat orang yang berpuasa.

Takjil bisa berupa makanan atau minuman manis seperti kurma, kolak, es buah, es teler, bubur sumsum, cendol, sirup, atau air jahe. Selain itu, ada juga takjil yang berupa makanan berat seperti nasi goreng, bakso, atau sate. Tujuan dari konsumsi takjil adalah untuk mengisi perut dan menaikkan kadar gula dalam tubuh yang turun saat berpuasa sehingga tubuh dapat kembali berenergi setelah seharian menahan lapar dan haus.

Berikut adalah beberapa menu takjil yang paling populer dijadikan pilihan untuk buka puasa:

1. Kurma

2. Kolak pisang

3. Es buah segar

4. Es teler

5. Bubur sumsum

6. Es cincau hijau

7. Kolak ubi

8. Timun suri sirup

9. Es blewah

10. Es kelapa muda

11. Es alpukat

12. Manisan kolang-kaling

13. Martabak tahu

14. Es cincau hitam ditambah biji selasih

15. Pisang coklat lumer

16. Bakwan jagung

17. Biji Salak Ungu

18. Lontong isi

19. Tahu isi

20. Bakwan jagung

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Permaculture Rooftop Garden

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image