10 Jenis Kelinci yang Cocok untuk Dijadikan Peliharaan di Rumah

Pets and Garden  
Kelinci hias ras REX -- photo by FiFARM
Kelinci hias ras REX -- photo by FiFARM

Siapa yang tak suka kelinci, binatang lucu nan menggemaskan. Terutama anak-anak kecil suka sekali dengan wajahnya yang imut dan bulunya yang halus. Tahukah kamu kalau kelinci berasal dari banyak ras yang berbeda. Mulai dari warna, ukuran, bentuk dan jenis bulu yang berbeda.

Ukuran kelinci bervariasi dari ras kerdil yang lebih kecil dengan berat kurang dari 1 kg hingga beberapa ras raksasa, dengan berat 9 kg atau lebih. Warna bulunya juga bervariasi dari putih hingga coklat, abu-abu, dan hitam. Bulu bervariasi dalam tekstur dan berkisar dari pendek hingga panjang. Perhatikan bahwa ras bulu yang lebih panjang membutuhkan perawatan harian, jadi mereka membutuhkan perawatan ekstra daripada ras bulu yang lebih pendek.

Berikut ini beberapa ras kelinci yang bisa menjadi peliharaan di rumah dikutip dari thesprucepets. Beberapa ras kelinci ini sudah banyak yang dikembangbiakkan di Indonesia dan ada juga ras kelinci yang masih jarang ada.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

1.Angora

Kelinci ras Angora 
Kelinci ras Angora

Kelinci Angora dikenal karena bulu wolnya yang sangat banyak dan halus, yang dikenal sebagai wol Angora. Dengan bulu mewah ini tentu membutuhkan perawatan yang ekstra, termasuk sering-sering disikat untuk mencegah atau menghilangkan keset, serta mencabut, mencukur, atau memotong bulu tersebut setiap beberapa bulan sekali.

Ada beberapa jenis ras kelinci Angora, antara lain English Angora, French Angora, Giant Angora, dan Satin Angora.

Ciri-Ciri Angora

Angora Inggris: 2 kg hingga 3 kg, rambut panjang halus

Angora Prancis: 3.4 kg hingga 4.7 kg

Giant Angora: 3.8 kg lebih, lapisan bawah halus yang lembut (wol), bulu pelindung lurus kaku, dan bulu bergelombang dengan ujung pelindung diantaranya

Satin Angora: 2.9 kg hingga 4.3 kg, bulu wolnya sangat halus

2.Dutch

Kelinci ras Dutch
Kelinci ras Dutch

Dengan tanda dua warna yang khas, kelinci Dutch adalah salah satu kelinci yang paling dikenal, menempati peringkat 10 besar ras kelinci paling populer. Ras ini berbadan kecil, mulai dari 1.5 kg hingga 2.4 kg. Terlepas dari namanya, kelinci Dutch sebenarnya berasal dari Inggris, dan merupakan salah satu ras kelinci tertua, yang berasal dari tahun 1850-an. Kelinci Dutch sangat ramah dan aktif, menjadikannya hewan peliharaan yang populer.

Ciri-ciri Dutch

Berat : 1.5 kg sd 2.4 kg

Warna : Putih dan hitam, biru, atau coklat; cokelat; baja; kura-kura darat

Bentuk : Wajah bagian depan, badan, dan kaki bagian belakang berwarna putih; sisanya berwarna

3.Holland Lop

Kelinci ras Holland Lop
Kelinci ras Holland Lop

Holland Lop termasuk jenis kelinci kerdil dengan telinga panjang. Ia memiliki kepala yang besar relatif terhadap tubuhnya, dan memiliki telinga yang jatuh ke bawah. Holland Lop termasuk dalam lima besar hewan peliharaan paling populer yang diakui oleh American Rabbit Breeders Association. Jenis kelinci ini jinak dan lebih mudah dipelihara daripada beberapa ras kelinci lop yang lebih besar.

Warna bulunya merupakan kombinasi warna putih dengan hitam, abu-abu, atau coklat. Untuk warna putih pada bulu kelinci melingkar di bagian pelana, yaitu dari punggung ke leher sampai kaki depan bagian belakang.

Tak hanya itu, warna putihnya juga terdapat pada moncong dan dahinya. Sedangkan untuk kombinasi warnanya (hitam, abu-abu, atau coklat) melingkar mulai dari bagian tengah tubuhnya hingga ke belakang. Mulai dari punggung, perut, dan kaki bagian belakang

Ciri Ciri Fisik Kelinci Holland Lop

-Ukuran tubuhnya sedang hingga mini
-Memiliki kaki yang pendek
-Mempunyai telinga yang jatuh ke bawah
-Mempunyai bulu yang halus
-Mempunyai bulu yang pendek
-Mempunyai kepala yang membulat
-Hanya terdapat warna bulu solid dan broken

4.Rex

Kelinci ras Rex
Kelinci ras Rex

Dikenal sebagai "Raja Kelinci", kelinci Rex dihargai karena bulunya yang lembut, lembut, dan lembut, pendek dan padat, membuatnya terasa unik. Bulu mewah hadir dalam 16 variasi warna. Kelinci Rex berasal dari Prancis pada awal abad ke-20. Kelinci Rex suka bermain dan penuh kasih sayang.

Ciri-ciri

Berat : 3.4 kg hingga 4.7 kg

Hitam, berang-berang hitam, biru, California, broken group, castor, chinchilla, coklat, lilac, lynx, opal, merah, sable, segel, putih

5.Kelinci Flemish Giant

Kelinci ras Flemish Giant
Kelinci ras Flemish Giant

Dinamakan Flemish karena tempat asalnya yang diyakini di Flanders, Belgia. Kelinci Flemish Giant telah dikenal di Eropa sejak abad ke-17. Ras ini tidak memiliki berat maksimum, tetapi beberapa Raksasa Flemish dapat memiliki berat 9 kg atau lebih. Awalnya dibawa ke Amerika Serikat pada tahun 1890-an, di mana ukurannya yang besar cocok digunakan untuk kelinci pedaging.

Dijuluki juga sebagai "Raksasa Lembut" karena temperamennya yang sangat manis, Raksasa Flemish adalah hewan peliharaan yang luar biasa.

Ciri-Ciri

Biasanya 4.5 kg sampai 9 kg

Warna Hitam, biru, coklat kekuningan, abu-abu muda, berpasir, abu-abu baja, putih

Panjang dengan tubuh yang berat

Salah satu ras kelinci terbesar

Ciri khas lainnya dari kelinci ini memiliki postur tubuh yang besar, bahkan bila diberi pakan yang khusus berat badannya bisa melebihi ukuran pada umumnya. Dahulu jenis kelinci ini hanya dikembangkan di negara Inggris karena untuk memenuhi permintaan daging yang banyak, namun seiring perkembangannya kelinci ini berkembang dibeberapa negara yaitu di negara-negara Eropa.

6.Kelinci American Sable

Kelinci ras American Sable
Kelinci ras American Sable

Kelinci American Sable berukuran sedang memiliki bulu unik berwarna cokelat yang menyerupai warna bulu cerpelai dan memiliki berbagai corak dari terang hingga gelap, dengan warna sepia gelap pada wajah, telinga, kaki, dan ekor. Jenis American Sable muncul pada tahun 1920 menggunakan berbagai jenis kelinci chinchilla.

Ciri khas kelinci yang satu ini memiliki warna bulu coklat sephia pada bagian kepala dan kaki lebih condong berwarna gelap hingga terlihat seperti berwarna hitam. Untuk ukuran tubuhnya tidak terlalu besar bila dibanding dengan jenis kelinci lainnya. warna bulunya yang coklat ini membuat kelinci american sable ini terlihat exotic.

Ciri-Ciri

3kg sampai 4.5 kg

Warna Coklat sepia

Bentuk sedang dengan bulu lembut, padat, halus dengan bulu pelindung kasar

7.Kelinci Harley Quin

Kelinci Harlequin adalah ras Perancis yang sudah ada sejak tahun 1880-an. Kelinci Harlequin memiliki dua warna dalam kombinasi warna yang berbeda. Harlequin Jepang mungkin oranye atau coklat kekuningan dikombinasikan dengan hitam, biru, coklat, atau ungu. Magpie Harlequins berwarna putih dipadukan dengan warna hitam, biru, coklat, atau lilac.

Polanya unik, dengan tambalan warna bergantian. Misalnya, Harlequin yang berpola ideal akan memiliki separuh wajah putih sedangkan separuh wajah lainnya berwarna hitam, kemudian polanya dibalik sehingga telinga di sisi putih wajah berwarna hitam sedangkan telinga di sisi hitam wajah. putih.

Ciri-Ciri

Berat 2.9 kg hingga 4.3 kg

Warna Hitam, biru, coklat, lilac dipadukan dengan putih, oranye, atau coklat kekuningan

8.Kelinci Netherland Dwarf

Kelinci ras Netherland Dwarf
Kelinci ras Netherland Dwarf

Jenis kelinci ini pertama kali ditemukan pada tahun 1940 dan dikembangkan oleh J. Meijerig C.W Calcar diberbagai negara termasuk Indonesia. Kelinci ini termasuk jenis kelinci yang berukuran mini bahkan berat badannya kurang dari 1 kg. ukuran tubuh kelinci ND lebih kecil dibanding dengan kelinci pada umumnya, bahkan ukuran lehernya pun sangat pendek sehingga terlihat seperti tidak mempunyai leher. Bulu ditubuhnya biasanya berwarna hitam, namun ada juga yang berwarna putih yang biasa diternakkan.

9.Kelinci American Fuzzy Lop

Kelinci ras American Fuzzy Lop
Kelinci ras American Fuzzy Lop

Kelinci american fuzzy lop adalah kelinci yang ukuran tubuhnya sangat mini, bulunya memang mirip dengan kelinci anggora akan tetapi panjang tubuhnya melebihi kucing anggora, dan tipe bulunya mudah kusut itulah kelinci ini dinamai dengan fuzzy lop.

10.New Zealand White

Kelinci ras New Zealand White
Kelinci ras New Zealand White

Untuk kelinci yang keenam juga berasal dari Amerika. Yang sudah beredar di Indonesia sejak tahun 1967. Bila sobat ingin memelihara jenis kelinci yang satu ini silakan membelinya di peternak kelinci sebab tingkat productivitasnya sangat tinggi.

Bentuk kelinci new Zealand white bulat, gempal dan dagingnya padat. Warnanya putih bersih dengan mata merah sehingga sangat bagus untuk dijadikan sebagai kelinci hias di rumah. Adapun bobot kelinci tersebut bisa mencapai 6 kg. Harga Rp. 50.000 - Rp. 150.000 (usia 1-3 bulan) dan Rp. 150.000 - Rp. 500.000 usia dewasa.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image