Ini Rahasianya Agar Tanaman Buah dalam Pot Cepat Berbuah

Pets and Garden  
Tanaman buah -- pixabay
Tanaman buah -- pixabay

Sobat signal pecinta Tabulampot dan pertanian organik tentu sering galau ketika tanaman buah yang ditanam di Pot lama berbuahnya. Bahkan kadangkala sampai 2 tahun hanya subur di daunnya saja,tapi sulit sekali untuk berbuah.

Sebelum kita bahas mengenai rahasia agar tanaman cepat berbuah,kira-kira kenapa ya tanaman buah kita sulit untuk dibuahkan ?

Ada beberapa penyebab kenapa tanaman buah dalam pot sulit untuk dibuahkan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Berikut ini adalah beberapa penyebab kenapa tanaman buah dalam pot sulit untuk dibuahkan :

1. Kurang Terpapar Sinar Matahari Langsung

Perhatikan jenis tanaman buah yang Sobat tanam. Kebanyakan tanaman buah membutuhkan paparan sinar matahari langsung.Justru kalau ditaruh di tempat sejuk dan tertutup akan busuk. Contohnya seperti mangga,sirsak,kelengkeng dan juga anggur. Jenis tanaman ini sangat membutuhkan paparan sinar matahari langsung, bahkan di saat panas terik jenis tanaman ini cukup kuat.

Namun, ada juga jenis tanaman yang membutuhkan paparan sinar matahari dengan intensitas sedang. Contohnya jeruk,apel,ceri dan belimbing.Jenis tanaman buah ini akan layu di saat terkena terik panas matahari.

2. Penyiraman Air yang Berlebihan

Perlu diperhatikan juga mengenai takaran penyiraman air. Tanaman yang terlalu sering disiram air itu belum tentu bagus. Tergantung jenis tanamannya. Kalau Sobat salah dalam menyiram justru berakibat akar busuk karena kebanyakan air. Sesuaikan kebutuhan air dengan jenis tanamannya.

3. Media Tanam Terlalu Padat dan Keras

Umumnya tanaman akan tumbuh subur di media tanah yang poros. Saat disiram air, langsung turun ke bawah dan tidak tergenang di media tanamnya. Komposisi campuran media tanam yang bagus biasanya terdiri dari tanah, sekam bakar dan mentah dan kohe. Perbandingannya bisa satu banding satu atau bisa diperbanyak sekamnya tergantung dari jenis tanamannya.

Disamping itu juga ada beberapa hal yang menyebabkan tanaman gagal berbuah :

-Belum mencapai umur untuk berbuah

-Terjadinya mutasi gen sehingga tanaman menjadi mandul

-Pemberian pupuk unsur nitrogen yang berlebihan

-Bunga jantan dan betina masaknya tidak dalam waktu yang sama

-Bisa berbuah jika ada pohon dengan bunga jantan yang tumbuh atau berada di dekatnya

Hal-hal yang sudah dijelaskan di atas adalah beberapa penyebab kenapa tanaman buah sulit untuk dibuahkan. Sekarang, mari yuk kita bahas bagaimana cara membuahkannya jika masalah-masalah di atas sudah terpenuhi semua.

Inilah beberapa tahapan dalam membuahkan tanaman dalam pot :

1. Gunakan pupuk pembuahan

Umumnya, petani akan menggunakan pupuk kimia sentetis khusus untuk pembuahan seperti MKP,KN03 putih dan Boron. Diaplikasikan selama 1 minggu sekali selama 1 bulan. Namun, karena kita akan menggunakan cara organik maka, pupuk pun harus organik ya. Jadi, Sobat bisa gunakan racikan bahan-bahan sebagai berikut untuk pembuatan Pupuk Organik Cair berbahan dasar telor.

POC Telor untuk kapasitas 1.5 Liter botol air mineral

Bahan dan peralatan yang dibutuhkan :

-Telor bebek 2 buah

-Micin 2 sendok makan

-Yakult 2 buah

-Air gula tebu murni 100ML

-Air kelapa 1L

-Botol bekas kapasitas 1.5 Liter

-Mangkok

Masukkan telor dan micin ke dalam mangkok, aduk sampai rata. Kemudian adonan dituangkan ke dalam botol bekas air mineral. Tambahkan yakult dan gula tebu. Kocok-kocok sampai benar-benar tercampur. Kemudian masukkan air kelapa ke dalam botol tersebut. Sisakan ruang kosong untuk pembuagan gas. Kocok lagi sampai benar-benar semuanya tercampur dengan baik.

Diamkan selama 1 Minggu sebelum diaplikasikan ke tanaman. Setiap hari tutup botol dibuka untuk membuang gas agar botol tidak meledak. Setelah 1 Minggu atau gas sudah tidak ada lagi, maka POC telor sudah jadi dan siap digunakan.

Bahan pembuatan POC Telor
Bahan pembuatan POC Telor

Cara Aplikasi Pupuk POC Telor pada tanaman

Dosis 1:20 untuk 1 liter POC ditambahkan air sebanyak 20 Liter air lunak ( air hujan)

Cara aplikasinya, bisa langsung dikocorkan ke media tanam seminggu sekali.

Bisa juga dengan menggunakan cara tetes. Masukan POC yang sudah dicampur air ke dalam botol bekas 1,5 Liter dengan di bawahnya dilubangi.Kemudian letakkan di media tanam dekat dengan akar tanaman.

POC telor dalam proses fermentasi -- FiFARM
POC telor dalam proses fermentasi -- FiFARM

2. Melakukan Stres Air

Stres air adalah perlakuan pada tanaman dengan cara disiram air sampai jenuh kemudian dibiarkan tanpa disiram dalam rentang waktu tertentu. Saat tanaman tampak layu, baru kemudian disiram kembali.

Syarat tanaman yang akan diberi perlakuan stres air adalah :

-Kondisi tanaman sedang dorman atau tidak tumbuh tunas baru. Kelihatan dari semua daunnya tampak sudah tua.

-Tanaman dalam keadaan subur dan sehat.

-Lakukan pemangkasan daun-daun yang berada pada percabangan bagian bawah. Biasanya daun tersebut berada pada batang yang berwarna coklat seperti pada tanaman jambu air. Sisakan daun pada batang yang ada di ujung, biasanya batang masih berwarna hijau.

-Lakukan stres air pada musim kemarau

Itulah Sobat cara-cara untuk membuahkan tanaman buah dalam Pot yang terkadang susah untuk dibuahkan padahal sudah melakukan perawatan maksimal. Menanamlah hari ini untuk kita panen esok. Selamat berkebun ya Sobat..

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image