15 Rekomendasi Jenis Anggur yang Layak Ditanam di Pekarangan Rumah

Pets and Garden  
Rekomendasi jenis anggur layak tanam di rumah -- pixabay
Rekomendasi jenis anggur layak tanam di rumah -- pixabay

Anggur adalah buah favorit yang disukai banyak orang. Disamping rasanya yang segar dan legit,anggur memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh manusia.

Buah anggur ternyata sudah banyak dibudidayakan di Indonesia, terutama untuk jenis anggur table grape yang bisa langsung dikonsumsi. Rasanya manis,legit dan menyegarkan. Ada banyak jenis anggur ini, mungkin sudah ada ratusan jenis. Kebanyakan berasal dari negara eropa timur seperti Ukrania dan Rusia yang sekarang terlibat peperangan.

Bagi Sobat yang ingin menanam pohon anggur sendiri di pekarangan rumah, inilah rekomendasi jenis anggur yang layak untuk ditanam seperti dikutip dari kanal youtube mixgrape. Kriteria yang dipilih berdasarkan pada kecepatan pertumbuhannya, gampang dibuahkan, kecepatan pematangan, rasa, dan tahan terhadap penyakit seperti jamur.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Inilah 15 Rekomendasi Jenis Anggur yang Layak Ditanam di Pekarangan Rumah

15. Landys - Lily of the valey

Kelebihan dari jenis Landys ini termasuk jenis anggur yang mudah dibuahkan. Memiliki aroma buah pala namun tipis. Rasa manisnya tidak dominan. Ukuran buahnya sedang dan berair. Kekurangannya warna buah kurang bagus sedikit agak pucat dan ketahanan pohon terhadap jamur tidak terlalu bagus.

Jenis anggur Landys -- mixgrape
Jenis anggur Landys -- mixgrape

14. Angelica

Kelebihan dari jenis anggur Angelica adalah termasuk mudah dibuahkan. Memiliki rasa yang sangat manis dan renyah(cruncy).Kekurangan dari jenis anggur ini adalah ketahanan pohon terhadap jamur yang tidak terlalu bagus.Mudah diserang oleh hama embun tepung ( downy mildew)

Jenis anggur Agelica -- mixgrape
Jenis anggur Agelica -- mixgrape

13. Baikonur New

Jenis anggur Baikonur New memiliki kelebihan sangat mudah untuk dibuahkan. Ukuran buahnya besar, bentuknya lonjong, dan warnanya bagus. Kekurangannya adalah dari rasanya kurang manis dan buahnya berair. Tidak ada aroma.

Anggur Baikonur New -- mixgrape
Anggur Baikonur New -- mixgrape

12.Oscar

Jenis anggur Oscar sebenarnya mudah untuk dibuahkan dan ukuran buahnya besar, namun memiliki kekurangan tidak genjah,lambat dari sisi pertumbuhannya. Bentuk batangnya kecil dan kurus. Buah rawan pecah kalau terkena air yang berlebihan. Bunga sering rontok sehingga tidak bisa menghasilkan kluster buah yang banyak.

Anggur Oscar -- mixgrape
Anggur Oscar -- mixgrape

11.Dixon

Jenis anggur Dixon memiliki kelebihan mudah dibuahkan. Rasanya enak,manis dan renyah. Kekurangannya pematangan buah terlalu lama, lebih dari 120 hari sejak dipangkas agar bisa merasakan rasa manis yang sempurna.

Anggur Dixon -- mixgrape
Anggur Dixon -- mixgrape

10. Transfigurasi

Jenis anggur Transfigurasi sangat mudah untuk dibuahkan. Rasanya manis dan ukuran buahnya besar.Kekurangannya pada saat mau membuahkan, memerlukan cabang tersier yang harus panjang dan mengandalkan pemangkasan pucuk.

Anggur Transfiguration -- mixgrape
Anggur Transfiguration -- mixgrape

9. Harold

Jenis anggur Harold mudah untuk dibuahkan. Rasanya manis dan ada aroma muscat. Cukup tahan terhadap jamur. Namun dari sisi rasa buah terlalu berair dan sedikit membosankan.

Jenis anggur Harold -- mixgrape
Jenis anggur Harold -- mixgrape

8. Shine Muscat

Jenis anggur Shine Muscat memiliki rasa paling enak dibandingkan dengan jenis anggur yang lain. Namun untuk pembuahannya masih sangat sulit. Menggunakan cara pruning total dan stress air dan pemupukan maksimal

Anggur Shine Muscat -- mixgrape
Anggur Shine Muscat -- mixgrape

7. CRV atau Carnival

Jenis anggur Carnival sangat layak untuk ditanam di pekarangan rumah. Rasa buahnya enak dan ukuran buahnya cukup besar. Warna buahnya juga cukup menarik, hijau kemerahan. Ketahanan terhadap jamur sedang. Namun, untuk pematangan buahnya tergolong lama, butuh waktu di atas 120 hari untuk mendapatkan pematangan sempurna.

Anggur Carnival -- mixgrape
Anggur Carnival -- mixgrape

6. Sansekerta

Jenis anggur Sansekerta dicurigai mirip dengan jenis anggur everest. Rasanya manis, warna buahnya bagus dan ukuran buahnya cukup besar dan sedikit berair. Direkomendasikan untuk ditanam di rumah. Pemangkasan buahnya tidak bisa di cabang tersier yang pendek, mesti pada posisi tengah atau panjang.

Anggur Sansekerta -- mixgrape
Anggur Sansekerta -- mixgrape

5. Velez

Jenis anggur Velez memiliki warna bagus dan aroma muscat. Ukuran dompolannya cukup besar. Kendalanya kurang tahan terhadap serangan jamur.

Anggur Velez -- mixgrape
Anggur Velez -- mixgrape

4. Jubile

Jenis anggur Jubile hanya bisa ditemukan di Indonesia. Mirip dengan Transfigurasi. Kelebihan dari jenis anggur Jubile adalah ukuran buahnya sangat besar dan memiliki ketahanan terhadap serangan jamur. Namun dari sisi rasanya kurang manis dan sedikit berair.Buahnya juga gampang pecah karena memiliki kulit yang tipis.

Anggur Jubile -- mixgrape
Anggur Jubile -- mixgrape

3. Julian

Jenis anggur Julian sudah tidak bisa diragukan lagi dari sisi ukuran buahnya besar. Rasanya juga manis dan renyah. Ketahanan pohon terhadap serangan jamur cukup kuat. Dompolan buahnya besar. Sangat layak direkomendasikan untuk ditanam di pekarangan rumah.

Anggur Julian -- mixgrape
Anggur Julian -- mixgrape

2. Jupiter

Jenis anggur Jupiter termasuk varian sejuta umat. Banyak yang sudah berhasil membuahkannya. Pertumbuhannya sangat cepat dan sangat mudah untuk dibuahkan. Kekurangannya hanya pada ukuran buahnya yang kecil. Tapi rasanya sangat manis dan memiliki aroma buah yang harum seperti permen.

Anggur Jupiter -- mixgrape
Anggur Jupiter -- mixgrape

1. Tamaki

Jenis anggur Tamaki termasuk jenis anggur yang mudah dibuahkan. Bentuknya seperti jenis anggur Shine Muscat. Warnanya menarik kehijauan. Rasanya manis seperti permen dan buah leci. Ukuran buahnya lumayan besar. Sangat direkomendasikan untuk ditanam di pekarangan rumah.

Anggur Tamaki -- mixgrape
Anggur Tamaki -- mixgrape

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image