Mana yang Lebih Baik, Terabox apa Google Drive?

Teknologi  
Google Drive 
Google Drive

Ruang penyimpanan berbasis cloud (cloud storage) sekarang sudah menjadi kebutuhan banyak orang. Disamping karena praktis dan mudah dalam menggunakannya, juga karena aman dan kapasitasnya cukup besar. Anda tidak perlu lagi membawa harddisk eksternal kemana-mana hanya untuk membuka file yang Anda butuhkan. Cukup terkoneksi dengan internet maka file bisa Anda akses dimana pun juga.

Kelebihan lain dari ruang penyimpanan cloud ini adalah berbagi data. Orang lain dapat mengakses file yang sama untuk kebutuhan hanya melihat saja atau bahkan kolaborasi. File bisa diubah dan ditambahkan secara bersama-sama dalam satu tim.

Pencadangan otomatis juga menjadi kelebihan lainnya. Terkadang file-file yang Anda cadangkan secara otomatis ini sangat berguna disaat Anda lagi membutuhkannya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Penyedia layanan ruang penyimpanan cloud terbesar adalah Google dengan Google Drivenya. Kapasitas free storage yang diberikan adalah 15GB. Jika kapasitas free storage tersebut dirasa masih kurang, Google dengan produk Google One nya menawarkan kapasitas yang lebih besar lagi tetapi dengan membayar sewa per bulan.

Harga yang ditawarkan per bulan berkisar Rp26.900 sampai dengan Rp135.000 tergantung kapasitas yang Anda inginkan. Kapasitas Basic yang direkomendasikan adalah 100GB dengan harga Rp26.900 dan kapasitas Premium berukuran 2TB dengan harga Rp135.000 per bulan.

Selain Google, ada sejumlah penyedia layanan cloud storage yang menawarkan kapasitas ruang penyimpanan yang cukup besar dan gratis. Diantaranya adalah Degoo.com memberikan 100GB, mega.io dengan kapasitas 20GB, blomp.com dengan kapasitas 20-200GB dan TeraBox dengan kapasitas 1024GB.

terabox memberikan free storage 1TB
terabox memberikan free storage 1TB

Diantara beberapa pilihan free storage tersebut, Terabox bisa menjadi pilihan Anda karena kapasitas ruang penyimpanannya cukup besar hingga 1TB. Selain itu ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Terabox, yaitu unggahan jarak jauh,transmisi file besar dan pencadangan otomatis. Terabox bisa diakses melalui website terabox.com dan aplikasi terabox yang memberikan kemampuan pencadangan otomatis untuk foto.

Namun, ada kelemahan dan limitasi ketika Anda menggunakan versi gratis dari Terabox, yaitu kecepatan download yang lebih rendah, hanya bisa menyimpan 500 file dengan kapasitas 1TB, maksimum resolusi video dibatasi 720p dan maksimal ukuran file upload 4GB. Disamping itu juga ada iklan yang menempel pada aplikasi terabox yang Anda gunakan jika bukan anggota Premium.

Jadi mana yang lebih baik untuk media penyimpanan cloud yang Gratis?

Google One masih tetap yang terbaik dengan kapasitas gratis 15GB tanpa iklan,kecepatan upload dan download tanpa limitasi. Namun, jika kebutuhan ruang penyimpanan Anda dirasa masih kurang besar, Terabox bisa menjadi opsi terbaik karena kapasitas penyimpanannya cukup besar hingga 1024GB.

Selamat Mencoba.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Permaculture Rooftop Garden

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image