5 Tips dan Trik WhatsApp Terbaik, Salah Satunya Mode Penyamaran

Teknologi  
Tips dan Trik WhatsApp  -- pixabay
Tips dan Trik WhatsApp -- pixabay

WhatsApp adalah aplikasi perpesanan terbesar dan paling populer di dunia. Lebih dari dua miliar orang menggunakannya. Fitur-fitur baru selalu ditambahkan untuk setiap pembaharuan. Tidak semua fitur Sobat gunakan dan mungkin karena belum tahu padahal ada sejumlah fitur keren yang bisa Sobat gunakan.

Berikut ini adalah Tips dan Trik WhatsApp keren yang bisa Sobat gunakan :

1. Menggunakan Mode Penyamaran dengan Mematikan fitur "Last Seen"

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Jika Sobat tidak ingin mengobrol dengan siapa pun, opsi terbaik adalah meggunakan penyamaran. Matikan fitur "Last Seen" di WhatsApp maka tidak akan ada yang tahu kalau Sobat sedang online kecuali Sobat sedang mengobrol dengan orang tersebut.

Buka Menu Privasi di WhatsApp > Akun > Privasi > Terakhir Dilihat

Pilih menjadi "Tidak Ada" jika tidak ingin siapa pun melihat Sobat sedang online

2. Membuat Notifikasi Kustom Untuk Setiap Obrolan

Setiap obrolan individu maupun obrolan grup bisa ditetapkan notifikasi tertentu untuk membedakannya berdasarkan pengaturan nada,getar dan cahaya. Misalnya Sobat ingin memberikan nada bleep untuk nama tertentu, ataupun memberikan nada country untuk teman yang suka bernyanyi dan lain-lain Sobat juga bisa memberikan notifikasi dengan prioritas tinggi.

Caranya,buka obrolan individu atau grup, ketuk nama grup untuk menampilkan info grup, dan gulir ke bawah untuk masuk ke menu Notifikasi Kustom. Selanjutnya, Sobat bisa memilih nada, getar, cahaya dan prioritas. Sesuaikan dengan kebutuhan Sobat dan untuk membedakannya dengan yang lain.

3. Mencadangkan Obrolan WhatsApp

Obrolan chat bisa disimpan menggunakan Google Drive agar hal penting tidak hilang jika terjadi sesuatu pada Ponsel Sobat. Caranya, masuk di WhatsApp Setelan > Chat > ketuk cadangan chat, Cadangkan ke Google Drive - Pilih apakah dicadangkan harian,mingguan atau bulanan atau hanya pada saat menekan tombol cadangkan saja

Kemudian tautkan dengan akun Google Sobat. Cadangan chat bisa diatur hanya jika ada koneksi WIFI atau bisa juga melalui data ponsel. Disarankan hanya menggunakan WIFI jika memilih menyertakan video agar tidak boros penggunaan datanya.

4. Mengatur Penyimpanan Otomatis pada Unduhan Media

WhatsApp secara otomatis akan menyimpan media,dokumen,audio atau klip video. Namun,Sobat bisa mengaturnya agar tidak semuanya diunduh secara otomatis pada saat tidak ada jaringan WIFI. Ini dapat menghemat langganan dan penyimpanan data Sobat.

Buka WhatsApp Setelan > Penyimpanan dan data > Unduh Otomatis Media

Pilih opsi untuk menyimpan media saat menggunakan data seluler, misalnya hanya foto saja.

Pilih opsi untuk menyimpan media saat terhubung dengan WIFI, misalnya semua media

5. Membuat Foto dan Video Menghilang Setelah Sekali Dilihat

Untuk pengguna Android, buka obrolan > Ketuk tanda kamera > pilih foto atau video yang akan dikirimkan > Pilih Angka 1 yang ada lingkaran putus-putus di sebelah kanan Tambahkan Keterangan

Setelah diklik maka akan ada keterangan "Foto akan disetel untuk sekali lihat"

Namun, mesti sekali lihat langsung hilang, jika orang tersebut sempat melihat dan mengambil screenshot maka tetap bisa dilakukan.

Setidaknya fitur ini telah memenuhi tujuannya untuk sedikit melindungi privasi pengirimnya jika ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Misalnya saja salah kirim foto atau video.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Rooftop Garden ala Mini Permaculture

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image