9 Mesin Pencari Paling Populer di Dunia Selain Google

Teknologi  
Yandex, mesin alternatif selain Google
Yandex, mesin alternatif selain Google

Tidak bisa terbantahkan sampai saat ini, Google adalah mesin pencari nomor wahid di dunia. Hampir 91,42 persen pengguna internet di seluruh dunia menggunakan Google sebagai mesin pencari.

Namun, tahukah Sobat bahwa ada mesin pencari lain yang layak dipertimbangkan sebagai alernatif yang ternyata juga memiliki kelebihan dan keunikan yang mungkin tidak dijumpai di Google.

Berikut ini adalah 9 alternatif mesin pencari terpopuler selain Google :

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

1. Microsoft Bing

Pangsa pasar Microsoft Bing adalah antara 2.83 persen dan 12.31 persen. Meskipun Bing adalah mesin pencari default di Microsoft Windows, namun popularitas Bing masih kalah jauh dibandingkan Google. Menurut Wikipedia, Bing adalah website nomor urut 26 yang paling banyak dikunjungi di Internet.

Kelebihan dari Bing adalah mampu menyuguhkan hasil pencarian konten dengan visual yang lebih menarik, estetis, dan lebih beragam.

2. Yahoo

Sebagai salah satu penyedia email paling populer di dunia, Yahoo menempatkan pangsa pasar mesin pencarinya di urutan ketiga dengan kisaran 1 persen. Di Amerika Serikat, Yahoo juga menjadi default mesin pencari di browser Firefox sejak 2014. Sebagai websites yang paling banyak dikunjungi di Internet, Yahoo menempatkan posisinya di urutan ke 9 menurut Wikipedia.

3. Baidu

Di China, Baidu adalah mesin pencari paling populer dengan melayani miliaran permintaan pencarian per bulan. Pangsa pasar global berkisar antara 0.68 persen dan 11.26 persen.

Menurut Wikipedia, Baidu menempatkan posisinya di urutan ke 6 sebagai website paling banyak dikunjungi di Internet.

Jika ingin merambah bisnis online ke China, Baidu menjadi hal yang sangat penting. Karena untuk mendapatkan peringkat tinggi di Baidu, konten mesti berbahasa China, menggunakan domain .CN dan host sitenya di China.

4. Yandex

Yandex adalah mesin pencari paling populer di Rusia dengan pangsa pasar lokal sekitar 65 persen dan pasar global antara 0.5 persen dan 11.16 persen.

Yandex memiliki fitur yang lengkap layaknya Google, seperti mesin pencari, e-mail, maps, translate, browser dan ada juga games berbasis web.

Yandex
Yandex

Yandex mengokohkan dirinya sebagai perusahaan teknologi yang mampu membangun produk dan layanan cerdas yang didukung oleh machine learning.

Menurut Wikipedia, Yandex mengoperasikan mesin pencari terbesar di Rusia dengan sekitar 65% pangsa pasar di negara itu.

5. DuckDuckGo

DuckDuck Go tidak memiliki algoritma sendiri untuk menempatkan hasil pencariannya. Melainkan bergantung pada sumber lain seperti Yelp, Bing, Yahoo, StackOverFlow dan lain-lain.

DuckDuckGo
DuckDuckGo

Justru dengan posisi seperti itu, DuckDuckGo memiliki kelebihan yaitu antarmuka yang bersih, tidak melacak pengguna, menghindari filter bubbles, membatasi data profiling dan tidak penuh dengan iklan.

Pangsa pasar mesin pencari DuckDuckGo adalah berkisar 0.66 persen dengan melayani rata-rata 90 juta pencarian per hari.

6. Ask

Sebelumnya dikenal sebagai Ask Jeeves, Ask.com menerima sekitar 0,42% dari pangsa pencarian. ASK didasarkan pada format tanya jawab di mana sebagian besar pertanyaan dijawab oleh pengguna lain atau dalam bentuk polling.

Halaman utama Ask memiliki tampilan yang sederhana dan efisien. Mesin pencari ini dapat merespons pencarian berdasarkan pertanyaan, frasa, atau sepatah kata. Ask punya fitur Smart Answers yang bisa membantu menemukan hasil instan dan faktual di antara banyak temuan.

Ini juga memiliki fungsi pencarian umum tetapi hasilnya kurang berkualitas dibandingkan dengan Google atau bahkan Bing dan Yahoo.

7. Ecosia

Alasan utama ecosia diciptakan adalah untuk membantu mendanai penanaman pohon dan proyek restorasi. Dengan demikian dikenal sebagai "mesin pencari penanaman pohon".

Ecosia menghasilkan uang untuk mendukung perencanaan pohon dengan menampilkan iklan di hasil pencarian mereka. Setiap kali iklan diklik, ecosia mendapat sedikit bagian. Diperkirakan dibutuhkan sekitar 45 pencarian untuk membiayai penanaman satu pohon.

Hasil pencariannya didukung oleh Bing yang menempatkan pangsa pasar sekitar 0.10 persen.

8. AOL

AOL (America Online) adalah mesin pencari yang juga didukung oleh Bing. Pangsa pasar mendekati 0,05 persen.

Jaringan AOL mencakup banyak situs web populer seperti engadget.com, techchrunch.com, dan huffingtonpost.com.

9. Archive

Archive.org adalah mesin pencari arsip internet. Sobat dapat menggunakannya untuk mengetahui bagaimana tampilan websites sejak tahun 1996. Ini adalah alat yang sangat berguna jika Sobat ingin melacak sejarah sebuah domain dan memeriksa bagaimana perubahannya selama bertahun-tahun.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Rooftop Garden ala Mini Permaculture

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image