Cara Membuat POC plus Fish Emulsion Pengganti Pupuk Kimia Sintetis

Pets and Garden  
Pupuk Organik Cair (POC) dengan fish emulsion -- photo by pixabay
Pupuk Organik Cair (POC) dengan fish emulsion -- photo by pixabay

Halo sobat signal republika pecinta tanaman organik, dalam beberapa seri kedepan kita akan membahas berbagai hal terkait pertanian organik. Nah, kali ini kita akan membahas pupuk organik cair atau dikenal sebagai POC dengan tambahan emulsi ikan (fish emulsion).

Bagi pecinta tanaman organik, POC adalah andalan petani sebagai pengganti pupuk kimia sintetis. Jenisnya banyak sekali, tergantung dari racikan bahan-bahan yang akan digunakan. Bahan-bahan bisa Anda dapatkan dari sekitar rumah, supaya lebih mudah dan hemat. Anda pun bisa membuatnya sendiri, jadi tidak perlu beli POC yang mahal-mahal.

Apa itu fish emulsion ?

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Fish emulsion atau emulsi ikan adalah Pupuk Organik Cair yang dibuat dari bahan ikan segar yang difermentasikan dengan bahan-bahan lainnya sehingga kaya akan nitrogen, fosfor dan kalium, juga elemen lain seperti kalsium, magnesium, belerang, klorin, dan natrium.

Kandungan nutrisi ini sangat dibutuhkan oleh tanaman mulai dari masa pertumbuhan ( generatif ) sampai pada masa pembuahan ( vegetatif). Agar tanaman tumbuh dengan baik, minimal membutuhkan unsur hara makro N (Nitrogen),P (Phospor) dan Kalium(K) untuk masa pertumbuhan dan pembuahannya.

Jika Anda amati pada pupuk kimia sentetis, biasanya pupuk kimia tersebut terdiri dari unsur hara makro yaitu Nitrogen(N),Fosfor(P) dan Kalium(K) dan elemen-eleman lain yang ditambahkan di dalamnya. Mangkanya dikenal dengan nama pupuk kimia sintetis NPK. Jenisnya banyak sekali tergantung dari produsennya, ada yang dikenal sebagai NPK 16-16-16 yang artinya komposisinya seimbang antara unsur hara N,P dan K.

Hampir sama dengan POC yang akan kita buat, kandungan unsur haranya malah lebih lengkap lagi. Dengan begitu diharapkan POC + fish emulsion ini akan membuat tanaman menjadi lebih sehat dan subur.

Baiklah, sekarang signal Republika akan memberikan racikan POC fish emulsion ( emulsi ikan) yang dikutip dari channel Youtube In's Garden. Tim Signal Republika pun sudah mencoba racikan POC ini dengan sedikit variasi dan hasilnya cukup memuaskan.

Bahan-bahan yang dibutuhkan POC fish emulsion adalah sebagai berikut :

-Ikan segar 2 Kg
-Tape singkong 1/2 Kg
-Nanas 2 buah
-Air kelapa tua 10 liter
-Pisang secukupnya
-Nasi basi yang sudah muncul jamur
-Kulit bawang merah

POC ini akan dibuat di dalam ember dengan kapasitas 80 liter. Jadi sebelum meracik semua bahan tersebut siapkan terlebih dahulu embernya. Nantinya ember akan diisi bahan-bahan racikan setengahnya saja. Sisanya dibiarkan supaya ada ruang untuk gas yang dihasilkan dari fermentasi tersebut.

Ikan yang digunakan sebagai bahan untuk membuat POC bisa berasal dari jenis ikan apa saja baik dari air tawar atau pun ikan laut. Kalau ingin harga yang murah, bisa memakai ikan curah tapi usahakan yang masih segar.

Sedangkan untuk tape singkong, usahakan cari yang bagus, ditandai dengan warna putih dari lapisan singkong luarnya, biasanya baunya yang khas, harum dan manis. Tape singkong ini fungsinya sebagai pengganti EM4 dan gula merah.

Cara Membuat POC Fish Emulsion :

1. Ikan segar, tape singkong, nanas dan pisang diblender menjadi satu. Tambahkan air kelapa, jangan gunakan air biasa untuk memblendernya. Jika blender tidak muat, bisa dibuat dalam beberapa tahap.

2. Hasil blender dari olahan bahan-bahan tersebut di atas, kemudian dimasukkan ke dalam ember yang sudah disiapkan sebelumnya.

3. Masukkan juga bahan-bahan lainnya, seperti kulit bawang merah, nasi basi, dan air kelapa tua. Jika ada EM4 atau yakult bisa juga dimasukkan. Bagus lagi jika bisa ditambahkan jamur tricoderma untuk menambah varietas bakteri dalam racikan POC tersebut.

4. Kemudian aduk rata sampai semua bahan tercampur semuanya. Tutuplah ember tersebut, dan letakkan di tempat teduh yang tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Diamkan selama kurang lebih 2 Minggu. Pastikan tutup ember rapat dan bisa ditambahkan beban di atasnya supaya jika keluar gas tidak meledak.

5. Anda bisa mengeceknya setelah beberapa hari untuk memastikan racikan sudah berhasil memunculkan jamur berwarna putih. Baunya juga khas dan wangi.

6. Setelah 2 Minggu, Anda bisa membukanya dan mengaplikasikannya pada tanaman

Nasi basi yang sudah muncul jamur bahan pembuat POC  -- photo by afif
Nasi basi yang sudah muncul jamur bahan pembuat POC -- photo by afif

Cara aplikasi POC fish emulsion pada tanaman

Untuk fase pertumbuhan dan pembuahan, larutkan 1 liter POC dengan 20 liter air. Lebih bagus menggunakan air hujan atau air kolam. Aduk sampai rata, bisa dikocor langsung ke tanaman atau disemprot ke daun dan batang tanaman

Menyimpan POC dalam waktu lama

Agar POC bisa bertahan lama sampai 1 tahun lebih, bisa dengan cara menidurkan bakteri tersebut. Caranya dengan menambahkan molase atau gula merah ke dalam POC tersebut.

Berikut ini cara untuk menyimpan POC ke dalam jerigen agar awet

- POC disaring, ambil airnya

- Masukkan ke dalam jerigen 5 Liter yang ada tutupnya. Jangan diisi penuh, sisakan ruang untuk udara

- Tambahkan air gula merah ( molase ) kemudian tutup jerigen tersebut

- Simpan di tempat yang sejuk tidak terpapar sinar matahari

Baca juga :

Cara membuat pupuk PSB, murah dan garansi berhasil

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Permaculture Rooftop Garden

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image