10 Alasan Kenapa Akun WhatsApp Bisa Kena Blokir

Teknologi  
WhatsApp terkena blokir - pixabay
WhatsApp terkena blokir - pixabay

WhatsApp adalah aplikasi pesan terpopuler di dunia. Menurut laporan dari Business of App, ada sekitar 2 miliar pengguna WhatsApp sampai dengan tanggal 14 April 2022. Dengan popularitas yang besar seperti itu, WhatsApp tentu memiliki kontrol otomatis untuk memblokir beberapa akun untuk mencegah adanya malware dan spam di platform mereka. Jika suatu saat akun Anda terkena blokir, ada kemungkinan Anda telah melakukan kegiatan yang menjadi larangan WhatsApp.

Apa saja larangan tersebut. Simak ulasannya berikut ini.

1. Menggunakan WhatsApp versi modifikasi

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Banyak pengguna memilih menggunakan WhatsApp versi modifikasi seperti WhatsApp Plus dan GBWhatsApp karena kelebihan fiturnya yang tidak dimiliki oleh WhatsApp versi resmi seperti download gambar sesuai aslinya, mengirimkan file dalam ukuran besar dan lain-lain. WhatsApp tidak mengijinkan penggunaan akun tidak resmi tersebut. Jika akun Anda terkena blokir bisa jadi karena Anda menggunakan WhatsApp versi modifikasi.

2. Terblokir oleh banyak nomor pengguna lain

WhatsApp mungkin juga akan memblokir akun yang terlalu banyak diblokir oleh pengguna lain dalam jumlah yang besar. Hal ini dimungkinkan karena pengguna dapat melaporkan atau memblokir nomor yang menurut pengguna mengganggu privasi mereka.

3. Mengirimkan terlalu banyak pesan ke pengguna yang tidak ada dalam buku kontak

Mengirimkan terlalu banyak pesan ke pengguna lain yang tidak ada dalam kontak dapat secara cepat ditandai sebagai SPAM. Ini artinya pengguna dapat dengan mudah melaporkannya dan nomor Anda bisa terblokir

4. Terlalu banyak membuat GROUP

Membuat group dalam jumlah besar juga menjadi alasan kenapa akun WhatsApp bisa terkena blokir. Walaupun tidak disebutkan batasan jumlah groupnya berapa. Tetapi yang disasar adalah jika Anda membuat terlalu banyak group dengan menambahkan pengguna secara random yang tidak ada dalam kontak Anda.

5. Menyalahgunakan Broadcast

Penggunaan pesan broadcast secara berulang-ulang dapat mengakibatkan pengguna lain melaporkan pesan Anda. WhatsApp bisa melakukan investigasi dan memblokir akun WhatsApp Anda.

6. Mencopy dan mengirimkan pesan yang sama

WhatsApp tidak mentolerir terlalu banyak pengguna yang menerima pesan yang sama, mengcopy dan menempelkan pesan terlalu sering dapat menyebabkan masalah.

7. Bergabung dalam banyak group dalam waktu singkat

Bergabung dalam banyak group dalam waktu yang singkat bisa diidentifikasi sebagai BOT sehingga akun WhatsApp Anda bisa diblokir

8. Melanggar Ketentuan

Larangan mempublikasikan berita palsu, terlibat dalam perilaku ilegal,mengancam,mengintimidasi,penuh kebencian dan menyinggung ras atau suku.

9. Terlalu banyak aktivitas

Ini tidak berarti menggunakan WhatsApp beberapa kali dalam sehari akan terkena blokir. Yang jadi perhatian WhatsApp adalah penggunakan secara intensif dalam waktu singkat sesuatu yang rumit tanpa proses otomatis

10. Pesan Otomatis

Penggunaan yang dicurigai karena mengirimkan pesan ke banyak orang secara otomatis

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image