Cara Mudah Membuat Absensi di Google Classroom

Tips  
Google Classroom
Google Classroom

Signal Republika - Google Classroom adalah platform populer sebagai media pengajaran online yang tujuannya untuk mempermudah proses belajar mengajar secara online. Sangat cocok digunakan oleh seorang Dosen, Guru, Tutor atau siswa yang menggunakan model pengajaran jarak jauh. Disamping karena platform ini gratis, juga karena sangat mudah digunakan dan bisa diakses melalui web dan aplikasi.

Google Classroom memberikan kemudahan bagi para guru untuk mengatur dan menilai kemajuan siswanya sambil tetap terhubung dari mana saja asal ada koneksi internet. Guru dapat membuat kelas,memberikan materi pembelajaran, memberikan tugas, memberikan nilai, mengatur jadwal pengajaran, menghubungi pihak orang tua dan masih banyak fitur lainnya yang bagus-bagus.

Keunggulan lainnya adalah semua dokumen tersimpan dengan aman di Google Drive Anda dan terintegrasi dengan produk Google lainnya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Bagaimana Cara Membuat Absensi di Google Classroom ?

Salah satu kebutuhan pembelajaran online adalah melakukan absensi atau pendataan siswa yang hadir dalam kelas. Keuntungan pembuatan absensi ini antara lain adalah bisa memantau secara real time siapa saja yang hadir sehingga akan memudahkan Guru untuk melakukan rekapitulasi absen dengan rapi dan akurat. Siswa akan tercatat saat melakukan absensi apakah mereka absen sesuai dengan jam masuk sekolahnya atau tidak.

Bayangkan jika Anda membuat absensi dalam format Google Form, kebayang begitu susahnya mendata siswa yang hadir karena Anda mesti memilah-milah lagi datanya. Karena terkadang siswa bisa berkali kali submit form absensi karena belum yakin datanya masuk apa tidak.

Nah di Google Classroom walaupun tidak tersedia fitur absensi secara langsung, namun Anda bisa memanfaatkan fitur pertanyaan/Question untuk membuat Absensi kelas.

Membuat absensi di Google Classroom menggunakan fitur Question - tangkapan layar
Membuat absensi di Google Classroom menggunakan fitur Question - tangkapan layar

Berikut ini adalah tips untuk membuat absensi di Google Classroom

1. Pastikan Anda sudah membuat Kelas Google Classroom

2. Pilih menu buat Tugas - Pilih Question/Pertanyaan

3. Masukkan Judul Misalnya : Absensi ke-1 Algoritma 2

4. Masukkan instruksi, misalnya : Pilih Hadir jika Anda mengikuti perkuliahan Algoritma 2 pada hari Senin, atau Ijin jika sedang ijin dan Sakit jika Anda sakit

5. Pilih Multiple Choice, masukkan option : Hadir, Ijin, Sakit

6. Tentukan kelas dan siswanya

7. Tentukan nilai kehadiran

8. Jadwalkan tanggal dan jam absensi mulai berlaku dan berakhirnya

9. Isikan topik, misalnya Absensi

Jadi cukup mudah kan ya untuk membuat absen di Google Classroom dengan tips ini. Sekarang Anda gak perlu bingung-bingung lagi untuk melakukan absensi.

Selamat mengajar ya Bapak dan Ibu Guru...

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Rooftop Garden ala Mini Permaculture

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image