WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop Apa Bedanya ?

Teknologi  
Tampilan perangkat tertaut pada WhatsApp Desktop. Foto tangkapan layar.
Tampilan perangkat tertaut pada WhatsApp Desktop. Foto tangkapan layar.

Anda tentu tak asing lagi menggunakan WhatsApp Web, apalagi kalau sedang bekerja atau ada tugas sekolah dengan menggunakan laptop atau komputer. WhatsApp Web adalah pilihan yang paling mudah dan cepat dibandingkan jika Anda menggunakan ponsel secara langsung karena tentu akan sangat merepotkan apalagi jika harus upload dan download file yang mesti terhubung dengan laptop.

Sebenarnya ada dua pilihan jika Anda ingin menggunakan WhatsApp di laptop, selain Anda bisa menggunakan WhatsApp Web, Anda juga bisa juga menggunakan WhatsApp Desktop. Apa bedanya ?

WhatsApp Web adalah aplikasi WhatsApp berbasis web yang berjalan di browser. Caranya dengan masuk ke halaman https://web.whatsapp.com/ di browser Anda. Lalu, pengguna menautkan akun WhatsApp di ponsel ke laman tersebut, dengan membuka WhatsApp di ponsel, klik menu Pengaturan, pilih opsi Perangkat Tertaut dan klik Tautkan Perangkat. Selanjutnya, arahkan kamera ponsel yang terbuka untuk memindai kode QR yang berada di laman WhatsApp Web. Tunggu beberapa detik hingga akun sukses login ke WhatsApp Web.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Jika Anda tidak mau setiap kali membuka WhatsApp Web dengan mengetik alamat URL nya, Anda bisa menginstall extention WhatsApp Web yang berada di browser Anda. Hampir semua browser sudah mendukung extention WhatsApp Web. Banyak kelebihan yang ditawarkan extention WhatsApp Web,cuman mesti tetap hati-hati untuk memilihnya. Carilah extention yang memiliki bintang terbanyak dan paling banyak dikomentari.

WhatsApp Desktop adalah aplikasi WhatsApp yang bisa Anda install langsung di laptop tanpa melalui browser. Anda bisa mengunduhnya langsung dari website resmi WhatsApp di halaman unduh WhatsApp https://www.whatsapp.com/download/

WhatsApp Desktop hanya bisa berjalan di laptop atau komputer yang memenuhi persyaratan sistem operasi ini:

Windows 8.1 atau yang lebih baru

macOS 10.11 atau yang lebih baru

Jika Anda tidak memiliki sistem operasi tersebut, disarankan untuk menggunakan WhatsApp Web.

Aplikasi WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop adalah ekstensi berbasis komputer dari akun WhatsApp pada ponsel Anda. Pesan yang Anda kirim dan terima akan disinkronkan antara telepon dan komputer, dan Anda dapat melihat semua pesan pada kedua perangkat tersebut.

Cara Mendownload WhatsApp Desktop

Di browser komputer, buka halaman Unduh WhatsApp, lalu download file .exe ( untuk Windows ) atau .dmg (untuk versi Mac).

Setelah selesai mendownload, buka file .exe atau .dmg tersebut, lalu ikuti petunjuk cara untuk menginstallnya.

Jadi apa bedanya WhatsApp Web dengan WhatsApp Desktop mana yang lebih unggul?

WhatsApp Desktop memiliki keunggulan dibandingkan WhatsApp Web yakni adanya fitur panggilan video dan telepon. Selain itu juga WhatsApp Desktop memiliki kemampuan memperkecil tampilan halaman platform. WhatsApp Web yang diakses lewat browser tidak memiliki fitur Minimize. Sementara, WhatsApp Desktop memiliki fitur Minimize.

Namun tidak serta merta membuat WhatsApp Desktop menjadi pilihan yang terbaik. Soalnya, WhatsApp Desktop punya syarat minimal yang harus dipenuhi oleh komputer pengguna seperti yang sudah dijelaskan di atas,yaitu Windows 8.1 atau lebih baru atau MacOS 10.11 atau lebih baru. Juga, untuk menjalankan aplikasi tersebut minimal komputer punya kapasitas RAM hingga 2GB.

Kalau jaman sekarang sepertinya komputer yang punya RAM 2GB pasti udah banyak karena sebagian besar pengguna komputer memiliki RAM lebih dari 2GB. Jadi tidak ada salahnya jika Anda mencoba menggunakan WhatsApp Desktop sebagai pilihan utama karena kelebihan tersebut.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image