Waspada! Modus Penipuan Kenaikan Tarif Transaksi Rp 150.000 Bank BRI

Gaya Hidup  
Modus penipuan Bank BRI. Foto: www.bri.co.id
Modus penipuan Bank BRI. Foto: www.bri.co.id

Signal.republika.co.id - Waspada penipuan berkedok Bank BRI, bukannya untung, malah buntung. Siang itu Signal mendapat pesan WA dari nomer tidak dikenal +6281392282712 . Whatsapp tersebut berjenis WA bisnis, dengan nama INFO BRI, memakai foto profil Bank BRI, beserta lokasinya. Pesan tersebut berisi surat edaran kepada nasabah BRI tentang perubahan skema tarif dalam tahapan percobaan untuk 6 bulan kedepan. Kenaikan bea admin tersebut yang awalnya Rp6500 pertransaksi menjadi Rp150 ribu perbulan. Dalam edaran itu disebut jika nasabah mengabaikan surat edaran itu, maka dianggap menyetujui kenaikan bea admin. Jika tidak setuju, nasabah diminta untuk konfirmasi pesan ini.

Kemudian Signal membalas pesan dari oknum Bank BRI dengan menjawab saya tidak setuju. Tak lama, oknum tersebut membalas dengan kalimat: "Baik Bapak/Ibu, apabila tidak setuju perubahan tarif Rp150.000, silakan isi formulir melalui link tautan di bawah"

Signal lantas membalas dengan menanyakan ini dari Bank BRI cabang mana, karena si oknum belum memperkenalkan dirinya dari awal. Oknum rupanya enggan menjawab. Penasaran dengan link yang diberikan oknum Bank l, Signal membuka link tersebut. Isinya adalah nasabah diminta untuk memasukan nomer handphone, kemudian diarahkan ke halaman selanjutnya. Setelah mengisi nomer handphone, keluar tampilan website palsu Brimo.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Di sini, nasabah diminta untuk memasukan username dan login untuk masuk ke dalamnya. Di sinilah awal dari uang nasabah raib dalam sejekap karena memasukan username dan password ke situs palsu Bank BRI.

Website palsu Bank BRI Brimo
Website palsu Bank BRI Brimo

Signal berpura-pura tidak mengerti apa ya g harus di isi pada website tersebut. Lalu Signal bertanya lagi mengenai apa yang harus diisi pada website itu kepada oknum tersebut, dan dia bertanya lagi "kakak sudah gunakan brimo?" . Sebelum menjawab pertanyaan dia, Signal membalas dengan pertanyaan ini dari BRI cabang mana. Akhirnya oknum tersebut menjawab dengan alamat Jl. Veteran Nomer 8 RT 2, RW 2, Gambir, Jakarta Pusat.

Setelah oknum membalas pesan terakhir, Signal buru-buru memblokir WA bisnis tersebut dan mereport nomernya.

Nomer WA oknum Bank BRI
Nomer WA oknum Bank BRI

Sobat Signal, hati-hati jika mendapat pesan dari nomer tidak dikenal mengatas namakan Bank manapun. Jangan pernah memasukan atau memberikan data pribadi kepada nomer yang tidak dikenal, karena itu termasuk jenis tipuan phising. Penipu membuat website yang mirip dengan aslinya, agar nasabah terkecoh dan mau login ke dalamnya. Dan jangan sungkan untuk melaporkan ke pihak berwajib apabila kedapati kerugian yang ditimbulkan. Waspadalah!

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

INFJ. Suka nulis random. Matcha addict

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image