Belum Bisa Baca Alquran? Aplikasi Android Ini Bikin Kita Jago Ngaji

Gaya Hidup  
Foto: Istimewa/Ngaji Online
Foto: Istimewa/Ngaji Online

Signal.republika.co.id - Pernah dengar syair dari Syekh Ibnu Al Jazary yang berbunyi: "Membaca Qur'an dengan tajwid hukumnya wajib, siapa yang tidak membetulkan bacaannya berdosa. Karena Allah menurunkan Alquran dengan tajwid. Dan demikian Alquran dariNya sampai kepada kita".

Dari penggalan syair tersebut nampak jelas bahwa tajwid dengan membaca Alquran tidak bisa dipisahkan. Karena membaca Alquran tidak sama dengan membaca buku. Ada kaidah-kaidah tajwid yang harus diperhatikan. Dan itu tentunya dipelajari dalam Ilmu tajwid. Membaca Qur'an tidak sesuai makhroj, sifat huruf, dan tajwid dapat mengubah makna. Dari situ betapa pentingnya orang tua kita menyuruh anaknya mengaji sewaktu dini agar dewasa kelak pandai mengaji.

Lantas bagaimana jika orang dewasa yang telat belajar Qur'an?

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sekarang tidak ada alasan lagi untuk tidak sempat belajar mengaji. Karena berkat kemajuan teknologi, belajar mengaji bisa lewat smartphone. Tidak perlu lagi malu jika harus tatap muka dengan ustaz atau ustazah. Melalui smartphone kita bisa belajar jarak jauh tanpa hambatan.

Aplikasi learn quran tajwid
Aplikasi learn quran tajwid

Salah satu aplikasi android yang dapat membantu kita belajar tajwid adalah Learn Quran Tajwid. Aplikasi ini gratis di Google Play Store, namun jika kita ingin mendapatkan fitur lebih, bisa upgrade ke versi Pro. Di mana dikenakan tarif langgangan sebesar Rp35 ribu per bulan, atau Rp99 ribu per tahun. Ada juga paket lifetime atau seumur hidup dengan membayar Rp199 ribu.

Belajar tajwid lewat kuis.
Belajar tajwid lewat kuis.

Aplikasi ini dapat mengukur kemampuan kita tentang pemahaman tajwid quran. Lewat kuis berisikan soal pilihan ganda. Kita diminta menebak jawaban yang benar. Ada juga audio mengaji, dan kita diminta menebak hukum tajwid bacaan tersebut. Di akhir kuis, ada nilai yang bisa kita peroleh. Jika kurang faham atau memuaskan, aplikasi Learn Quran Tajwid menyediakan layanan belajar membaca quran lewat online dengan pengajar Quran.

Yuk kita belajar membaca quran. Jangan sampai ketika kita menghadap Allah, kita belum bisa membacanya dengan tartil. Baca Alquran Itu Mudah. Insyaa Allah...

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

INFJ. Suka nulis random. Matcha addict

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image