Winamp , MP3 Player Legendaris yang Mencoba Bangkit kembali

Teknologi  

Mendengarkan musik di Spotify atau Apple Music itu keren, tetapi buat Kalian yang mungkin sekarang sudah jadi bapak bapak atau emak emak atau mungkin juga Operator warnet yang masih pakai Subwoofer Simbada, Winamp merupakan aplikasi untuk mendengarkan musik yang wajib terinstall di PC atau Laptop. Pengembangan Winamp sebenarnya sudah dihentikan sejak rilis tahun 2013, tapi pemutar MP3 ini sempat kembali setelah Winamp 5.8 bocor di forum online pada Oktober 2018. dan sekarang Winamp baru saja mengeluarkan release candidate pertama setelah dikembangkan selama empat tahun.

Winamp pertama kali diperkenalkan Nullsoft pada 21 April 1997. Saat itu Winamp berhasil memikat jutaan pengguna karena kepraktisannya dalam memutar lagu-lagu digital khususnya MP3. Pada tahun 2005, Winamp berkembang pesat dari 33 juta pemakai bulanan sampai lebih dari 57 juta pengguna bulanan, menjadikan Winamp yang kedua yang sering digunakan untuk media pemutaran sedunia setelah Windows Media Player.

winamp.informer.com/5.0/
winamp.informer.com/5.0/

Namun Pada akhir tahun 2013, Dengan dirilisnya Winamp versi 5.66 pada tanggal 20 November 2013, AOL mengumumkan bahwa Winamp.com akan ditutup 1 bulan setelahnya, dan aplikasi tidak lagi tersedia untuk diunduh atau didukung oleh perusahaan. Beberapa Hari berikutnya, sebuah laporan tidak resmi muncul bahwa Microsoft sedang dalam pembicaraan dengan AOL untuk mengakuisisi Nullsoft. Terlepas dari pengumuman AOL, situs Winamp tidak ditutup seperti yang direncanakan dan pada 14 Januari 2014, secara resmi diumumkan bahwa Radionomy, agregator radio online Belgia telah membeli merek Nullsoft, termasuk Winamp dan SHOUTcast.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Pada tahun 2018 dilaporkan bahwa Winamp 5.8 beta telah bocor ke web meskipun tanggal rilis build adalah pada 26 Oktober 2016. Build yang bocor adalah beta Winamp pertama yang dirilis di bawah payung Radionomy. Ada banyak perbaikan dan perubahan dari bocoran build, termasuk kompatibilitas penuh dengan Windows 10, 11 dan Windows 8.1. Versi ini juga menggantikan fungsi yang semula terkunci di belakang Winamp Pro dengan alternatif gratis.

Dan akhirnya setelah penantian panjang dari para fans aplikasi tersebut, Winamp 5.9 RC1 dirilis pada 26 Juli 2022 dengan pembaruan besar dari sisi basis code, seperti adalah migrasi dari Visual Studio 2008 ke Visual Studio 2019. sehingga dapat digunakan dengan lebih stabil menggunakan OS microsoft versi saat ini.

Penasaran untuk mencoba kembali aplikasi Winamp ? anda dapat mengunduhnya dari link Berikut : Download Winamp 5.9 RC ( http://forums.winamp.com/showthread.php?t=458120 )

Sumber : Wiki

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image