GIMP, Alternatif Gratis Pengganti Adobe Photoshop

Teknologi  
Tampilan GIMP
Tampilan GIMP

Adobe Photosop seringkali digunakan untuk mengedit foto dan gambar, namun karena merupakan Aplikasi berlisensi sehingga untuk menggunakanya, perlu mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk membeli atau berlangganan (Jangan Ngebajak yaa). Alternatifnya untuk memanipulasi gambar, kalian dapat menggunakan Aplikasi lain contohnya GIMP. GIMP (GNU Image Manipulation Program) sendiri merupakan aplikasi Gratis, Dengan fitur yang lumayan lengkap dan UX yang sangat mirip dengan photosop.

Dibuat oleh Peter Mattis dan Spencer Kimball. pada tahun 1996, GIMP juga memiliki sederet fitur dasar: cropping, rotasi, adjustment warna. Fitur penting lain yang kita jumpai di Photoshop juga tersedia disini: curve adjustment, hue saturation, sharpening, channel mixing, layer masking, clone stamp, healing brush dan level.

Dapat berjalan disemua sistem operasi komputer, baik Windows, Mac atau Linux, GIMP bahkan bisa diinstall di USB drive dan menjadi aplikasi portabel. Hasil File yang dihasilkan disimpan dengan format XCF dan bisa diekspor ke berbagai format gambar seperti bmp, jpg, gif, pdf, png, svg, tiff, Bahkan PSD.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Aplikasi alternatif ini dapat membaca hampir semua format file: dari standar JPG sampai PSD, kita juga bisa memanfaatkan plug in untuk menambah kompatibilitas dengan format file lain. GIMP menyediakan banyak sekali plugin yang memudahkan kita dalam mengolah image dengan cepat.

Cara Download Gimp

Anda dapat mendownload GIMP seacara gratis di sini LINK. Sementara versi portabel baru tersedia untuk versi Windows disini LINK.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image