Cara Mengusir Jin dari Rumah Angker serta Doa-doa yang Paling Ditakuti Jin dan Setan

How To  
Ilustrasi rumah angker. Foto: Pixabay
Ilustrasi rumah angker. Foto: Pixabay

Signal.republika.co.id - Jin adalah makhluk Allah yang tidak kasat mata. Seperti layaknya manusia, jin ada yang baik dan ada juga yang jahat. Jin jahat ini yang suka mengganggu manusia dan membuat manusia menjadi malas beribadah. Tak sedikit jin yang menakut-nakuti manusia di dalam rumah yang angker. Seperti penampakan, atau membuat benda seolah-olah bergerak. Tapi jangan was-was dan takut. Selain berdoa, ada berberapa cara untuk mengusir jin dalam rumah yang bisa kita lakukan di rumah.

Membaca surah Albaqarah

Dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

لَا تَجْعَلُوا بُيُوتَكُمْ قُبُورًا ، وَلَا تَجْعَلُوا قَبْرِي عِيدًا ، وَصَلُّوا عَلَيَّ ، فَإِنَّ صَلَاتَكُمْ تَبْلُغُنِي حَيْثُ كُنْتُمْ

“jangan jadikan rumah kalian sebagai kuburan, dan jangan jadikan kuburanku sebagai Id, bershalawatlah kepadaku karena shalawat kalian akan sampai kepadaku dimanapun engkau berada”

(HR Muslim dan Tirmidzi)

Tidak mempedulikan gangguan tersebut
Bersikap cuek ketika mengalami gangguan, akan membuat mereka bosan dan tidak tertarik lagi untuk menggoda kita. Sebaliknya jika kita semakin ketakuran, maka mereka juga semakin semangat menggoda kita.

Dalam sebuah hadis sahih yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dari Wahid Abu Malih, ayahnya yang pernah dibonceng menaiki Unta Rasulullah SAW menceritakan, "Ketika aku dibonceng Nabi SAW tiba-tiba unta beliau tergelincir, serta merta aku mengatakan, 'celakalah syetan'. Maka beliau bersabda : 'jangan kamu katakan, 'celakalah setan', sebab jika kamu katakan seperti itu maka setan akan membesar sebesar rumah dan dengan sombongnya setan akan berkata; 'itu terjadi karena kekuatanku'. akan tetapi ucapkanlah bismillah, sebab jika engkau mengucapkan basmalah, setan akan mengecil hingga seukuran lalat," (HR Ahmad dan Abu Dawud).

Berdoa ketika masuk atau keluar rumah

Dari Jabir bin Abdillah RA, Rasulullah bersabda.

“Apabila ada orang yang masuk rumah, kemudian dia mengingat Allah ketika masuk, dan ketika makan, maka setan akan mengatakan (kepada temannya): ‘Tidak ada tempat menginap dan tidak ada makan malam.’

Tapi apabila dia tidak mengingat Allah (bismillah dan jangan lupa ucapkan salam) ketika masuk, maka setan mengatakan: ‘Kalian mendapatkan tempat menginap’.” (HR. Muslim, Abu Daud dan yang lainnya).

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda: "Tutuplah pintu-pintu dan sebutlah nama Allah ketika menutupnya. Karena setan tidak akan membuka pintu yang sudah terkunci dengan menyebut nama Allah. Tutup jugalah tempat air minum dan bejana-bejana kalian sambil menyebut nama Allah meskipun kalian hanya menyimpan sesuatu di dalamnya. Dan ketika hendak tidur matikanlah lampu lampu kalian". (HR Bukhari dan Muslim)

Doa keluar rumah

"Jika seseorang keluar rumah, lalu dia mengucapkan “Bismillahi tawakkaltu ‘alallah, laa hawla wa laa quwwata illa billah” (Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah, tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan-Nya), maka dikatakan ketika itu: “Engkau akan diberi petunjuk, dicukupkan dan dijaga”. Setan pun akan menyingkir darinya. Setan yang lain akan mengatakan: “Bagaimana mungkin engkau bisa mengganggu seseorang yang telah mendapatkan petunjuk, kecukupan dan penjagaan?" (HR Abu Dawud, At Tirmidzi)

Selain cara di atas, ada cara lain dengan meruqyah rumah yang dirasa ada penunggunya.

Tips meruqyah rumah

1. Wudhu

2. Beristighfar minta ampun kepada Allah

Berdoa dan meminta tolong hanya kepada Allah

3. Haluskan daun bidara sebanyak 7 lembar, kemudian campur ke dalam air.

5. Air tersebut lalu dibacakan ayat ruqyah (Qs Al Fatihah, Qs Al Baqarah 1-5, 255-257, 284-286). Kemudian baca QS Al Ikhlas, Al Falaq, An Naas, masing-masing sebanyak 3 kali.

6. Semprotkan air ruqyah ke seluruh rumah sambil adzan, terutama ke tempat yang dirasa angker.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

INFJ. Suka nulis random. Matcha addict

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image