3 Cara Mentranskripsi teks Dari Video YouTube Secara Otomatis

Teknologi  

Ada beberapa alasan untuk menyalin Percakapan atau Mentranskripsikan Text dari video YouTube. Jika Anda seorang pelajar, Anda mungkin ingin menyalin video sehingga Anda dapat menikmati video dan membuat catatan untuk Anda. Jika Anda mengikuti pelatihan atau saran, penting bagi Anda untuk membuat catatan saat menonton video. Ini bisa sangat membantu ketika Anda membutuhkan pengingat. Atau Anda mungkin ingin meninjau informasi di lain waktu. Mungkin juga untuk tujuan bisnis, ketika anda perlu menyoroti poin-poin penting dari pertemuan tersebut. Anda kemudian dapat fokus pada poin-poin penting ini untuk membuat keputusan yang diperhitungkan di lain waktu.

Mentranskripsikan text dari video bisa jadi pekerjaan memakan waktu. Namun Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih saaat ini, Sangat mudah untuk menyalin video YouTube karena YouTube secara otomatis menyalin sebagian besar video segera setelah diunggah. Dalam Artikel ini, kami akan menunjukkan beberapa cara untuk mendapatkan transkripsi video YouTube secara gratis.

1. Menggunaan Transkrip Youtube bawaan.

Sebagian besar video YouTube ditranskripsi secara otomatis menggunakan teknologi Speech Recognition Google. atau Bisa juga pemilik video secara langsung Membuat Text video tersebut dan menyediakannya untuk Penonton. Cara mentranskrip sangat mudah . Jika Menggunakan Browser di Desktop, Cukup Klik di Tombol More seperti pada gambar dibawah ini, kemudian tekan tombol show transcript.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

maka seluruh transkripsi yang ada di dalam video akan muncul di bilah tampilan sebelah kanan seperti ini. anda tinggal menyalin dan menyimpannya ke dalam teks editor anda.

 2. Transcribe menggunakan Google Docs

Walaupun sebagian besar video ketika diupload Youtube, teknologi Speech Recognition akan mentranskripsi secara otomatis, namun terkadang ada beberapa video yang tidak terdapat transkripsi di dalam nya. Dengan cara ini, Anda dapat menggunakan fitur pengetikan suara bawaan Google Docs untuk mendengarkan audio video dan mengetik semuanya secara otomatis. Caranya sangat mudah anda hanya cukup membuka halaman Google Docs , di menu navigasi diatas klik Tools - > kemudian pilih Voice Typing. Pilih bahasa yang ada di dalam video kemudian klik Tombol Record yang berbentuk Microphone di dalam Google docs sambil memutar video yang ada di youtube

Untuk menggunakan metode ini anda memerlukan Microphone, baik itu eksternal ataupun Microphone Bawaan seperti yang biasanya sudah terdapat di dalam laptop. dan suara Video yang jelas sehingga mesin Fitur Voice Typing milik Google docs dapat mengenali suara dengan jelas.

3. Mengunakaan Third Party Tools.

Cara terakhir ini mengandalkan Tools yang banyak terdapat di internet yang dibuat oleh pihak ke tiga, banyak Tools online yang dapat membantu kalian untuk mentranskripsi Video dari youtube seperti notta.ai atau veed.io maupun browser Extension yang terdapat di chrome store atau browser lainnya. Cara menggunakan tools seperti ini biasanya sangat mudah karena hanya tinggal memasukkan link youtube

atau jika menggunakan chrome extension dapat mengaksesnya melalui tombol extension

Namun biasanya Jika menggunakan Tools pihak ke 3 ada batasan dalam mentranskrip video seperti batasan waktu , atau diharuskan login dan membuat akun menggunakan email terlebih dahulu. jika ingin menggunakan secara full, ada biaya yang anda harus bayar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image